Wakil Bupati Parigi Moutong Badrun Nggai,SE Foto : Prokopim/Aldi

Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Kab. Parigi Moutong gelar Konferensi Cabang  (Konfercab) dan Seminar nasional, Giat tersebut dibuka dengan Resmi oleh Wakil Bupati Parigi Moutong Bertempat auditorium kantor Bupati senin (13/2/2023).

Sejumlah ahli profesi turut hadir diantaranya Ketua pengurus IAI Provinsi Sulteng Apt. Moh. Ma’rufik, S. Farm, Sekertaris Dinas Kesehatan serta seluruh Apoteker Dan pengurus cabang IAI kab. Parimo.

Kegiatan mengusung Tema “membangun jiwa Apoteker enterpreneur sesuai dengan PMK no. 14 tahun 2021 untuk mewujudkan Parimo sehat”

Sambutan Wakil Bupati Badrun Nggai, SE mengatakan apresiasi kepada seluruh Apoteker yang sudah melaksanakan tugas profesi di wilayah Parimo, tidak hanya dalam sarana layanan dan fasilitas kesehatan.

Wabup apresiasi kepada dinas kesahatan yang telah berupaya Menempatkan tenaga Apoteker di 23 puskesmas.

Berkaitan dengan itu tentunya wabup mengharapkan 80 Apoteker yang ada diwilayah Parimo bisa bekerja sama dengan baik dengan profesi lainya terkait diBidang Pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Selaku ketua percepatan stunting wabup himbau semua tenaga kesehatan juga bersinergi bersama pemerintah dalam penekanan penurunan angka stunting diparimo.

“Alhamdulillah Parimo untuk stunting dari angka 31 persentase turun menjadi 27 persen berdasarkan hasil evaluasi dari kementrian kesehatan. ” Ucapnya.

Wabup berharap Stunting diparimo diupayakan sampai tahun 2024 ditargetkan turun ke angka 14 persen, ini audah menjadi target Nasional sesuai dengan instruksi presiden RI joko widodo semua wilayah daerah diindonesia berkewajiban dalam percepatan penurunan stunting.

“Stunting menjadi tanggung jawab bersama sesuai arahan Presiden tidak hanya tugas dari pemda atau swasta saja, akan tetapi menjadi tugas bagi masyarakat.” Imbuhnya.

Upaya pemerintah kabupaten dikatakan wabup  saat ini adalah mengangkat bapak asuh ditiap wilayah kecamatan kecamatan sebagai perpanjangan tangan pemerintah daerah dalam menekan stunting.

“Pemerintah berharap Apoteker berperan menyampaikan kepada masyarakat pentingnya menekan Stunting” Jelasnya.

Selain itu tambahnya Apoteker juga bisa memanfaatkan tumbuhan kelor yang bisa dikonsumsi masyarakat sebagai penyembuhan segala penyakit.

Disela sela kegiatan Wakil Bupati juga menerima cendera mata serta sertifikat penghargaan atas upaya pemerintah dalam percepatan penurunan stunting, penghargaan itu diberikan langsung oleh Ketua IAI prov. Sulteng Apt. Moh. Ma’rufik, S. Farm.

Sub.Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here