Wakil Bupati Badrun Nggai, SE.

Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian Pimpin rapat koordinasi pengendalian inflasi. Rakor diikuti lembaga terkait dan para kepala daerah se Indonesia.

Wakil Bupati parigi moutong Badrun Nggai, SE bersama Unsur Forkopimda dalam kegiatan tersebut juga mengikuti Rakor secara daring bertempat ruang Bupati, Rabu (8/2/2023

Arahan Mendagri menyampaikan untuk pengendalian inflasi seluruh Pemerintah perlu bekerja sama, baik antara pemerintah pusat juga Pemerintah daerah bersama sama melakukan langkah langkah terobosan.

Mendagri katakan Intervensi Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah harus dijalankan.

Mendagri menambahkan agar Pemerintah Kabupaten Kota melakukan sembilan langkah pengendalian inflasi, dengan membangun kekompakan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), dan pemaksimalan Satgas Pangan di tingkat Kabupaten maupun Kota.

berkaitan dengan sembilan item yang disebutkan mendagri, tidak hanya sekadar sudah dikerjakan atau tidak, melainkan tepat atau tidaknya.

“tantangan ditiap daerah Pasti Berbeda beda, Saranya adalah mengevaluasi kembali bersama staf dan kemudian bersama stakeholder yang lain,” ujar Mendagri.

Dalam arahanya, Menteri Dalam Negeri meminta kepala daerah untuk terus menekan angka inflasi di daerah, sehingga target inflasi nasional sebesar 3-4 persen bisa tercapai tahun 2023.

Menurutnya harga beras dan minyak goreng harus menjadi perhatian karena komoditas tersebut sangat memengaruhi angka inflasi.

“Angka inflasi kita turun dari Desember 5,51 persen turun ke angka 5,28 persen, ini penurunan yang sangat signifikan dari bulan September 5,95 persen, Oktober 5,57 persen kemudian November turun ke 5,4 persen,” ungkapnya.

Sub Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here