Wakil Bupati (Wabup) Parigi Moutong (Parimo) Badrun Nggai SE membuka skaligus beri sambutan pada Rapat Koordinasi Tim Percepatan Penurunan Stunting (TTPS) tingkat Kab Parimo yang di rangkaikan dengan launcing Inovasi Suaramampena (songu lara mampakalompe ngana) tahun 2023, bertempat di Auditorium Kantor Bupati. Selasa (31-01-2023).

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, Wabub Badrun Nggai,  yang juga selaku Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting Kab Parimo, mengukuhkan Tim Songu Lara Mompakalompe Ngana Kabupaten Parimo yang bertugas memberikan kontribusi untuk menjadi bapak atau ibu Asuh anak Stunting, mengkoordinasikan kepada instansi terkait baik pemerintah desa atau kelurahan untuk menjadi bahan laporan hasil kegiatan yang dilakukan di desa dan kelurahan, serta mensosialisasikan pada keluarga tepat sasaran, yang sesuai dengan desa binaannya serta mendampingi ibu hamil kekurangan energi kronis (KEK).

Pada kesempan itu, Wabup Badrun Nggai dalam sambuntanya mengatakan bahwa Reverensi kasus stunting di parimo menurut survey status gizi Indonesia tahun 2022 adalah 27,4% dan akan diturunkan menjadi 14% di tahun 2024. Dari data tersebut Pemerintah Daerah (Pemda) tak henti – hentinya terus fokus untuk menurunkan permasalahan stanting yang ada di kabupaten Parimo.

Mengingat masalah stunting sudah menjadi perhatian serius, olehnya dalam upaya pencapaian target penurunan stunting tahun 2023 sejauh ini pemda sudah melaksanakan pendataan stunting, melakukan intervensi spesifik dan sensitive terhadap sasaran stunting, memberikan pembetukan serta penguatan PIK- R di sekolah SMP maupun SMA serta melakukan monitoring dan evaluasi kerja.

Selanjutnya, terkait dengan launcing Inovasi Suaramampena (songu lara mampakalompe ngana) serta pengukuhan tim songu lara mampakalompe ngana ini melibatkan seluruh pemangku kepentingan yang ada di kabupaten parimo, diharapkan bisa berkoordinasi serta meningkatkan kerjasama dan komitmen dalam penurunan stunting di kab Parimo.  

Sementara itu, dalam laporan panitia yang di sampaikan Sekertaris Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kab Parimo, Kartikowati mengungkapkan bahwa tujuan dari rapat koordinasi Tim Percepatan Penurunan Stunting (TTPS) tingkat Kabupaten Parimo yang di rangkaikan dengan launcing Inovasi Suaramampena (songu lara mampakalompe ngana) tahun 2023 ini digelar adalah terbentuknya Tim Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Parimo Iyaitu “Tim Songu Lara Mompakalompe Ngana Kabupaten Parimo” sebagai Bapak atau Ibu Asuh Anak Stunting. Tutupnya.

Turut hadir Pada kegiatan tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Parigi Moutong Dra. Hj. Noorwachida Prihatini, Sekretaris Daerah Kabupaten Parimo Zulfinasran, Ketua DWP Kab. Parimo Suzanna Zulfinasran, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Unsur Perbankkan, lembaga, organisasi dan para pemangku kepentingan lainnya.

Sub Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here