Desk Pengumpulan Data Pendukung Penyusunan Dokumen Arsitektur dan Peta Rencana SPBE diParimo. Foto: Prokopim

Mewakili Bupati dan Wakil Bupati, Asisten Bidang Administrasi Umum Sekertariat Daerah (Setda) Ir.Hj.Sitti Wahyuni Borman,M.Si, membuka secara resmi kegiatan Desk Pengumpulan Data Pendukung Penyusunan Dokumen Arsitektur dan Peta Rencana Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Dalam sambutan Bupati, yang di bacakan oleh Sitti Wahyuni, mengatakan, Pemerintah Daerah (Pemda) kabupaten parigi moutong (Kab. Parimo) menyambut baik dilaksanakannya kegiatan ini serta memberikan apresiasi kepada Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Parigi Moutong yang telah bekerjasama dengan Universitas Tadulako (Untad) Palu.

Lanjutnya digitalisasi tata kelola pemerintahan ini juga merupakan langkah nyata reformasi birokrasi yang bermuara pada peningkatan kualitas layanan Publik,” kata Wahyuni di gedung Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), Jum’at (30/9/2022).

“Sesuai peraturan presiden nomor 95 tahun 2018, Sitti wahyuni mengatakan SPBE diparimo perlu diperkuat tata kelolanya maupun manajemenya.”jelasnya.

Proses pengumpulan data pendukung dokumen arsitektur SPBE diharapkan agar dapat terlaksana dengan baik dan sesuai target, sehingga menghasilkan kerangka dasar yang mendeskripsikan integrasi proses bisnis, data, informasi, infrastruktur serta aplikasi keamanan untuk memberikan layanan kepada masyarakat.

Akhir sambutanya menyampaikan agar para peserta yang diutus untuk mengikuti kegiatan ini agar memperhatikan dengan cermat, dan proses kelanjutannya harus dijelaskan kepada pimpinan OPDnya masing masing.

“Kepada seluruh OPD dan Pemerintah Kecamatan, setelah arsitektur SPBE Kab. Parimo ini terbentuk, tidak ada lagi yang membuat aplikasi sendiri yang fungsinya tumpang tindih, bahkan tidak relevan dengan kebutuhan.” Pungkasnya.

Kepala Bidang E Government Diskominfo Kab. Parimo, Astiti H.Simpu,SE,M.Ap, selaku panitia penyelenggara menyampaikan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kerjasama antara Pemda Parimo melalui Diskominfo dan Untad Palu pada jurusan teknologi informasi Fakultas Teknik.

Astiti mengatakan, Tujuan kegiatan dilakukan untuk mendapatkan data tentang gambaran serta data pendukung penyusunan dokumen arsitektur dan peta rencana SPBE diPemerintahan Parimo sebagai kerangka dasar untuk menghasilkan layanan SPBE yang terintegrasi.

“Hasil yang kami harapkan, agar SPBE dapat diterapkan untuk membangun tata kelola Pemerintahan yang cepat, efektif, efisien, transparan dan akuntabel serta menjadi pedoman dalam membangun dan menyelaraskan aplikasi pada setiap instansi pemerintah baik Pusat maupun Daerah.”Harapnya.

Sub. Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here