Rakor Finalisasi Harkannas diParimo, Wabup: Pemda Parimo sangat optimis Meraih Kesuksesan pada Gelaran Harkannas Ke-9 ini. Foto: Prokopim

Wakil Bupati (Wabup) Badrun Ngai, SE, bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Zulfinasran,S.STP,M.AP, beserta jajaran Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), memaparkan kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), terkait dengan teknis persiapan dan progres pelaksanaan Harkannas diParimo.

Wabup dalam paparannya mengatakan, Hal ini merupakan rangkaian pelaporan Finalisasi Pemda Parimo, melalui beberapa kali pertemuan maupun koordinasi baik ditingkat Kabupaten, Provinsi Maupun Pusat, dengan mengusung tema pemberdayaan Ekonomi Masyarakat dan Peningkatan Kapasitas Sektor Kelautan dan Perikanan.

“Pemda parimo, sangat optimis meraih kesuksesan pada gelaran Harkannas ke-9 ini, mengingat Parigi Moutong sudah melakukan persiapan yang begitu matang baik dari aspek teknis maupun non teknisnya,” ucap Wabup di gedung Bina Bahari Kementerian KP, Selasa (27/9/2022).

Sekda Zulfinasran juga menambahkan, bahwa gelaran Harkannas kali ini akan berbeda dengan pelaksanaan pada tahun tahun sebelumnya, sebab, Pemda Parimo akan mengemas event ini dengan pelaksanaan kegiatan lainnya.

“Seperti pembagian sertifikat gratis kepada pelaku usaha perikanan, dalam hal ini yaitu nelayan, penanaman mangrove secara serentak di sepanjang 472 km garis pantai Parimo, pembersihan pantai di 23 Kecamatan secara serentak, serta kegiatan Equator Run 10 Kilometer, yang merupakan ajang promosi Daerah dibidang Pariwisata, sehingga perputaran ekonomi masyarakat bisa mengalami kenaikan,” Kata Sekda.

Dalam rangka Gelaran Harkannas diParimo, dapat menambah income yang baik dan banyaknya UMKM yang akan terlibat, sehingga target peluang investasi bagi Parimo dalam hal Komoditi unggulan Daerah seperti hasil Perikanan, akan tersampaikan secara luas ke Masyarakat Indonesia.

“Olahan hasil perikanan budidaya tambak Udang vaname yang telah beroperasi, dan juga telah ditangani oleh beberapa perusahaan dengan target bahwa sentra industri budidaya tambak Udang akan ada salah satunya di Parigi Moutong, hal ini tinggal bagaimana kita menyikapinya.” Imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Direktur Pemasaran dan Promosi KKP, Erwin Dwiyana, mewakili Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (KP) pimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Finalisasi bersama Pemda Parimo. dalam hal itu, ia memberikan arahan secara terperinci terkait dengan pelaksanaan Harkannas Ke-9 diParimo.

“Secara teknis untuk disepakati baik dari segi kesiapan hingga rangkaian skema acara sampai hari puncak serta dukungan Pemda, baik tingkat Provinsi sampai dengan Kabupaten.” Ucap Erwin.

Erwin juga menyampaikan, Sosialisasi tentang Harkannas akan di tayangkan melalui Media cetak ataupun elektronik, khususnya di bagian Kehumasan, agar berperan aktif dalam mengangangkat serta membroadcast pengemasan informasi kepada publik sebelum kegiatan hari puncaknya, agar masyarakat mengetahui item apa saja yang akan dilaksanakan dalam Harkannas ke-9 diParimo.

Ia juga menegaskan, bahwasanya Agenda kegiatan mana saja yang akan disepakati untuk menjadi kewenangan atau tanggung jawab antara Kementerian dan Pemda, sehingga tersinkronisasi secara detail dan terperinci, secara garis besar akan ada intervensi secara teknis dalam pelaksanaan Harkannas melalui kementerian terkait yang tergabung dalam Tim teknis Pemerintah Pusat.

“Dalam pelaksanaan Harkannas nantinya, akan ada Agenda yang disusun oleh Tim sesuai Technical Meeting, sehingga menjadi sebuah juknis yang akan dilaksanakan Pemda penyelenggara, dan juga disamping itu, ada beberapa hal terkait item kegiatan yang akan dievaluasi dan disatukan atau dirampingkan posturnya agar pelaksanaan Harkanas berjalan sesuai juknis yang diharapkan,” tegasnya.

Gelaran Harkannas ke – 9 kali ini, Akan lebih menampilkan inovasi serta mendorong teknologi yang berbasis pada potensi yang ada, mengedepankan kearifan lokal dalam pelaksanaannya, serta mendorong kolaborasi budaya dengan menyeimbangkan inovasi dan teknologi.

Erwin juga membeberkan, selain pelaksanaan Harkannas tahun ini, pihak Kementrian akan menghadirkan sejumlah pejabat Negara untuk pencanangan Bulan Cinta Laut (BCL), sehingga akan disatukan Agenda kegiatannya.

Ketua TP PKK Kabupaten Parimo selaku ketua For ikan Dra. HJ. Noor Wachida Prihartini S. Tombolotutu, dalam kesempatan yang sama mengucapkan terima kasih kepada Tim Kementerian KP yang tergabung dalam ivent Harkannas telah memberi kesempatan kepada Parimo sebagai Tuan rumah tentunya kesempatan ini merupakan hal yang langka dimana masyarakat Parigi Moutong dapat berkontribusi dalam momentum Harkannas nantinya.

Noor Wachida menjelaskan, bahwa konsep Lomba For ikan telah di koordinasikan melalui kementerian KP yang menurunkan Tim untuk meninjau langsung baik dari penentuan lokasi teknis kegiatan, serta item penilaian lomba, hal ini yang selalu menjadi perhatian khusus Pemda Parimo.

“Teknis pelaksanaan lomba for ikan nantinya akan mengusung pemanfaatan Inovasi olahan berbahan baku Serrba Ikan, diharapkan kegiatan ini nantinya merupakan cipta menu yang mengedepankan aneka kekayaan dan sumberdaya kelautan serta perikanan.” Jelasnya.

Sub. Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here