Prosesi Penandatanganan Prasasti dicanangkanya Daerah Parimo sebagai Kabupaten Durian oleh Dirtjen Hortikultura Prihasto setyantoa
Kementan RI Foto : Prokopim Parimo

Dalam gelaran Festival Durian Internasional dikabupaten Parigi Moutong (Parimo) Dirtjen Hortikultura Kementrian Pertanian RI Dr. Ir. Prihasto setyanto, M.Sc dengan resmi mencanangkan Daerah Parimo sebagai kabupaten Durian sekaligus menyatakan Kabupaten Parimo paling terbanyak dalam mengekspor Durian Frozen.

Hal itu disampaikan saat membuka dengan resmi sekaligus Pencanangan kegiatan Festival Durian Skala Internasional bertempat Pantai wisata Mossing desa Sinei Kec. Tinombo selatan kab. Parimo, Kamis (6/7/2023).

Dalam Sambutanya Dirtjen Kementan RI Prihasto setyanto menyampaikan Secara data dari bulan Januari sampai Juli 2023 sebanyak 443 ton Jenis durian Frozen (durian bentuk Kupasan) telah diekspor ke luar Negeri.

“Sangat Pantas dicanangkan kabupaten Parimo sebagai Kab. Durian Nasional , Ini menjadi cikal bakal terdongkraknya ekspor Durian dari Indonesia ke negara luar, ” Tuturnya.

Selain itu kata Dirtjen, Antusias Masyarakat diacara puncak Festival Durian Prihasto setyanto mengatakan sangat luar biasa dan mengapresiasi kepada pihak pemerintah Parimo atas semangat dalam menyelenggarakan event Festival Durian internasional tahun 2023 bisa berjalan sukses.

Lanjutnya kegiatan ini tentunya menjadi sarana promosi Durian unggulan lokal daerah parimo yang nantinya akan dikembangkan secara luas dengan harapan dapat memberi kontribusi dalam peningkatan Produksi durian Nasional.

Himbaunya Pangsa Pasar Durian dipasar global terus mengalami peningkatan, dari data FAO dari tahun 2021 saat ini telah meningkat menjadi 53,2 triliun rupiah atau 246%, menurutnya permintaan pada Pasar dunia terus mengalami peningkatan secara signifikan dibandingkan tahun 2017, dan tentu saja peluang bagi para petani Indonesia khususnya Kab. Parimo agar terus semangat untuk mengekspor durian.

114 varietas durian sayangnya belum adanya Varietas yang bisa tampil dikanca dunia , saya berharap melalui gelaran Festival durian di Parimo bisa menargetkan durian unggul Nasional bisa tampil dikanca perdurianan internasional.

“Tidak ada kata terlambat bagi para petani Kab. Parimo untuk memulainya, dengan adanya event ini juga sebagai langkah awal untuk memperkenalkan unggulan durian Lokal Parimo lebih dikenal lagi dikanca Nasional dan internasional, ” Pinta Dirtjen Prihasto setyanto.

Kementan RI dengan Pemerintah parimo telah menyelenggarakan business Matching, dalam business Matching tersebut sudah ada yang akan berinvestasi diparimo untuk ekspose Durian Frozen.

Investor telah hadir diparimo untuk membantu dalam ekspor Durian Forozen parimo, ini adalah permintaan Pasar yang dianggap Durian parimo juga memiliki cita rasa dan warna bagus. Jika sehari bisa menghasilkan durian Frozen sampai 10 ton, maka kesempatan ini haruslah menjadi penyemangat untuk seluruh masyarakat Parimo.

“Saya harap masyarakat Petani durian Parimo bisa menjaga kualitas durianya mulai dari sekarang agar produksinya dapat berkelanjutan, ” Tutupnya.

Turut Hadir dalam puncak Festival Durian Perwakilan Menteri Pariwisata dan Ekonomi kreatif (Parekraf) staf ahli bidang management krisis Fadjar Hutomo, Mr Aaron Chee Dubes Negara Singapore, Dubes negara Seychelles, Perwakilan Menteri Koperasi Dan UKM RI, Ir. Arif Rahman Hakim, M.S (SesmenKop UKM), Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Fachrudin D. Yambas, Bupati Parimo, ketua TP PKK Parimo (selaku ketua Panitia Festival Durian), Sekda Parimo, Bupati Pohuwato, dan sejumlah kepala OPD lingkup Provinsi sulteng dan kabupaten Parimo.

Sub. Dokumentasi Pimpinan Bag. Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here