Wakil Bupati Badrun Nggai bacakan sambutanya saat Pimpin Apel Kasat Kamling Tingkat Kabupaten Parigi Moutong tahun 2023 Foto : Prokopim Parimo

Wakil Bupati (Wabup) Parigi Moutong, Badrun Nggai SE memimpin Apel Ketua Satuan Keamanan Lingkungan (Kasat Kamling) Tahun 2023 tingkat Kabupaten Parimo, di Halaman Kantor Bupati, pada Rabu (21/06/2023).

Apel tersebut diselenggarakan oleh Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) yang bersinergi dengan Kepolisian Resort (Polres) Parimo. Ini merupakan percepatan upaya revitalisasi Satkamling di wilayah Kabupaten Parimo yang diikuti oleh unsur TNI dan Polri, apel juga melibatkan aparatur di lingkup pemda hinggah tingkat kecamatan, kelurahan dan desa.

Wabup Badrun Nggai saat memimpin apel membacakan amanat Kapolri, Jendral Listyo Sigit Prabowo, mengatakan dengan terlaksana apel ini bisa meningkatkan semangat dan mengoptimalisasikan peran awak Satkamling dalam mengemban fungsi kepolisian terbatas guna memelihara keamanan dan ketertiban secara swakarsa.

Menurutnya, satkamling memiliki peran sentra dalam upaya pemeliharaan kamtibmas, terlebih lagi akan menghadapi agenda nasional, yaitu pemilu dan pemilihan serentak di tahun 2024.

“Kehadiran satkamling harus betul-betul bisa menjadi cooling system di lingkungannya masing-masing, jangan sampai ada perpecahan karena perbedaan pilihan, karena persatuan dan kesatuan bangsa adalah hal utama diperhatikan serta harus kita jaga bersama,” tegasnya.

“Kita harus mendukung penyelenggaraan pesta demokrasi, karena keberhasilan ini akan menjadi lompatan besar bagi Indonesia untuk mewujudkan demokrasi yang mapan,” tambahnya.

Oleh karna itu, dalam upaya revitalisasi satkamlling diperlukan peran dari seluruh masyarakat dengan mengaktifkan serta memberdayakan kembali satkamling yang ada di lingkungannya masing-masing.

“Ini dapat melonggarkan dan menimbulkan kesadaran kita bersama akan pentingnya memelihara kamtibmas mulai dari lingkungan sendiri. dan untuk rekan-rekan satkamling saya mengingatkan agar senantiasa berpegang teguh pada nilai, norma dan etika pada setiap pelaksanaan tugas,” terangnya.

“Tanamkan bahwa fungsi kepolisian terbatas non yustisil yang di berikan kepada rekan-rekan merupakan sebuh kehormatan yang harus selalu dijaga, karena kehadiran satkamling juga merupakan representasi kehadiran Polri di tengah masyarakat,” pungkasnya.

Dalam pelaksanaan Apel tersebut juga dirangkaikan dengan penyerahan piala serta Penghargaan bagi pemenang perlombaan Pos Satkaling tingkat kabupaten Parimo.

Sub. Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here