Wakil Bupati Parigi Moutong H. Badrun Nggai, SE. Foto: Prokopim

Wakil Bupati (Wabup) Badrun Nggai, SE, Pimpin Langsung Rapat koordinasi (Rakor) final check persiapan penilaian Adipura mulai dari Minggu pertama hingga Minggu ke tiga bulan September, berlangsung di Aula lantai dua kantor bupati, Selasa (6/9/2022).

Dalam kesempatan itu Wabup menyampaikan kepada seluruh OPD, kecamatan, kelurahan dan desa yang bertanggung jawab, agar terus melaporkan hasil evaluasi pengelolaan sampah di daerah masing-masing.

“Kepada seluruh penanggung jawab agar terus melakukan pelaporan capaian kinerja serta data-data lainnya terkait dengan kegiatan Adipura yang selanjutnya akan dihimpun dalam Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN)”, ujarnya.

SIPSN ini diharapkan dapat menjadi platform data pengelolaan sampah dengan konsep big data, sehingga dapat diakses oleh publik guna mengetahui kondisi pengelolaan sampah di daerah Kabupaten Parigi Moutong.

“Pada pengelolaan sampah di semua sektor mulai dari Pasar, Permukiman, Jalan Arteri, Sekolah, Rumah sakit, Sungai, Saluran hingga Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) agar menjadi perhatian kita semua guna untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dari tahun sebelumnya”, pungkasnya.

“Kepada seluruh Stakeholder agar bisa bekerja maksimal sehingga pada penilaian kali ini, Kabupaten Parigi Moutong bisa meraih gelar Kota Adipura”, tutupnya.

Pada kesempatan itu Kepala bidang pengelolaan sampah limbah B3 dan peningkatan kapasitas Ramlin, S.Sos, M.Si, menyampaikan bahwa sistem penilaian tahun 2022 adalah 70 persen administrasi dan 30 persen kebersihan.

“pada posisi 70 persen administrasi yaitu menyangkut seluruh operasional pengelolaan sampah mengingat produksi pengelolaan sampah di dalam kota 12-15 ton perhari, minimal yang sampai di TPA 7-8 ton dan yang 5-6 ton itu sudah terolah dari sumbernya, ini merupakan mindset Adipura tahun 2022”, ungkapnya.

“Pada penilaian Adipura kali ini, tentunya Pemkab Parigi Moutong mengutamakan segi kebersihan seperti Ruang Terbuka Hijau atau RTH, Drainase, hingga Endapan”, tutupnya.

Turut menghadiri pada Rakor Final Check persiapan penilaian Adipura, Asisten bidang Administrasi Umum Ir. Siti Wahyuni Borman, M.Si, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Siti Maryam Tagunu, OPD terkait, Camat Parigi, Lurah, serta Kades Sekecamatan Parigi.

Sub. Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here