Tim Ditjen perkebunan Kementerian Pertanian Pusat survey kesiapan pelaksanaan HPS. Foto : Steven/Prokopim.

Bupati Parigi Moutong H. Samsurrizal Tombolotutu didampingi Sekda Parigi Moutong Zulfinasran S.STP, M. Ap, serta diikuti sejumlah OPD terkait menerima tim survey kesiapan pelaksanaan Hari Pangan Sedunia ( HPS) yg dipimpin bapak Dedy aminata ,SE.MSc. sub koordinator pengembangan kawasan tanaman direktorat jenderal tanaman tahunan Ditjen perkebunan Kementerian pertanian RI di Pantai Mosing Tinombo Selatan selasa (26/07/22).

Dedy aminata mengatakan bahwa pelaksanaan HPS nantinya akan dilaksanakan pada tgl 16 Oktober 2022, dengan menjadikan sagu sebagai primadona Kementerian pertanian tahun ini sebagai pengganti beras dengan jargon ” SAGUNESIA” sagu untuk Indonesia.

Pelaksanaan HPS tahun ini menurutnya akan di titik beratkan diSulawesi tengah dengan tiga kabupaten yg nantinya akan di survey langsung tentang kesiapan pemerintah daerah serta ketersediaan sagu sebagai salah satu makanan pokok masyarakatnya.

Tiga daerah tersebut diantaranya kabupaten Donggala, kabupaten Sigi dan kabupaten Parigi moutong.

usai audensi di Pantai Mosing Tim Survey HPS didmapingi Bupati Parigi Moutong lanjut melakukan peninjauan ke lokasi kegiatan termasuk meninjau tempat budidaya sagu di desa maninili Utara dan rumah pengolahan sagu di desa Sigega.

Dalam agenda pertemuan tersebut terungkap bahwa Pemerintah Daerah Parigi Moutong diundang untuk melaksanakan audensi serta pemaparan road map kegiatan di kementerian pertanian RI Senin 1 Agustus 2022 mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here