Asisten II Ir. Lewis membuka secara resmi GSI SMP Tingkat Kabupaten Parigi Moutong, ditandai dengan Sepakan Perdana Foto : Prokopim Parimo

Gala Siswa Indonesia (GSI) SMP tingkat Kabupaten Parigi Moutong resmi dibuka di Lapangan Harimau Baliara, Rabu (21/06/2023), oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Parigi Moutong, Ir. Lewis. Sejumlah 6 kontingen dari kecamatan se-Kabupaten Kabupaten Parigi Moutong dengan total peserta sebanyak 108 orang ini akan memulai pertandingan dari tanggal 20 hingga 23 Juni 2023.

Kegiatan GSI SMP tingkat kabupaten parigi moutong yang dilaksanakan oleh dinas pendidikan dan kebudayaan ini merupakan implementasi instruksi presiden nomor 3 tahun 2019 tentang percepatan pembangunan persepakbolaan nasional.

Mewakili Bupati Parigi Moutong, Ir Lewis, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan wadah bagi peserta didik dalam meningkatkan bakat, minat dan prestasi dalam bidang olahraga khususnya sepak bola.

“Hal ini sudah menjadi tanggung jawab serta perhatian dan fokus semua elemen terkait untuk meningkatkan prestasi dibidang olehraga didaerah ini serta dapat menarik minat dan mencari bibit – bibit unggul dibidang sepakbola,” ujarnya.

Lewis mengatakan, Melalui kegiatan ini pula terbesit harapan besar kepada kontingen parigi moutong nantinya mampu berprestasi pada ajang yang lebih tinggi, baik pada tingkat provinsi maupun nasional. Prestasi olahraga yang harus mampu kita raih mulai dari tingkat yang paling bawah hingga berjenjang pada tingkat selanjutnya.

“Event GSI ini jangan hanya dianggap hanya permainan, jadikan ini sebagai momentum awal bagi anak anak untuk meraih cita citanya menembus jenjang liga nasional bahkan dapat menjadi penerus perjuangan timnas di level internasional,” terangnya.

Sementara itu pada kesempatan yang sama Ketua Panitia GSI, Ince Pina saat ditemui wartawan mengatakan, GSI merupakan wadah bagi para peserta didik SMP dalam menumbuh kembangkan bakat dan minat dalam bidang sepakbola, melalui pembinaan kegiatan ekstrakurikuler yang diadakan sekolah. Dan kegiatan ini berjenjang mulai dari tingkat sekolah, kecamatan, Kabupaten, Provinsi sampai ketingkat nasional

“Pelaksanaan GSI ini, sebagai upaya penguatan pendidikan karakter bagi peserta didik, mengembangkan minat dan bakat sepakbola bagi peserta didik, menumbuhkan jiwa sportivitas, kerja keras, disiplin, komunikatif, bersahabat, menghargai prestasi dan tanggung jawab, meningkatkan kecakapan peserta didik dalam kolaboratif dan koperatif serta meningkatkan semangat peserta didik serta menjaga kesehatan jasmani,” ujarnya.

Sub. Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here