Asisten I, Drs. H. Samin Latandu. Foto : Prokopim

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekertariat Daerah Parigi Moutong Drs. H. Samin Latandu buka secara resmi Pertemuan Pemberdayaan Kader Tri Bina untuk pencegahan Stunting di kabupaten Parigi Moutong tahun 2022.

Bertempat di lantai II ruang rapat kantor bupati, tujuan dilaksanakan pertemuan ini guna meningkatkan kapasitas kemitraan dari organisasi PKK, seluruh anggota kelompok Tri Bina dan pusat informasi serta konseling remaja (pik-r) dalam menurunkan stunting serta teridentifikasinya permasalahan dan solusinya dalam pencegahan stunting di Kabupaten Parigi Moutong. (Rabu 6/7/2022.)

Dalam sambutan bupati yang di bacakaan Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekertariat Daerah Parigi Moutong Drs. H. Samin Latandu mengucapkan terima kasih serta apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Sulawesi Tengah yang berkerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Parigi Moutong yang telah mengagas terlaksananya kegiatan ini.

Percepatan pencegahan angka stunting dilakukan secara terintegrasi dengan melibatkan beberapa sektor terkait dengan melakukan berbagai kegiatan yang secara langsung ke masyarakat dan keluarga serta remaja melalui suatu peningkatan pengetahuan, keterampilan sikap, perilaku dalam melakukan upaya pengasuhan 1000 hari pertama kehidupan. Jelas Samin

Lanjut, untuk mewujudkan hal tersebut perlu dilakukan peningkatan komitmen dari seluruh pemangku kebijakan dan mitra terkait yang ada di daerah serta melakukan pembinaan dan perberdayaan tenaga kader tri bina serta penguatan kelompok pusat informasi dan konseling remaja (pik-r) dalam rangka mendukung akselerasi pencegahan stunting serta mengurangi masalah kesehatan reproduksi dan gizi pada anak-anak remaja sebagai calon pengantin.

Olehnya, sangat diharapkan peran seluruh OPD tidak hanya satu atau dua OPD saja tetapi semua OPD terlibat dalam percepatan penurunan stunting ini. Tutupnya

Pada kesempatan itu, Ketua TP-PKK kabupaten Parigi Moutong Dra.Hj.Noor Wachida Prihartini S Tombolotutu menyampaikan upaya peran PKK Kabupaten Parigi Moutong dalam Pencegahan Stunting di Kabupaten Parigi Moutong.

Ia menjelaskan, sejauh ini TP-PKK kabupaten Parigi Moutong sudah banyak melakukan kegiatan dalam upaya pencegahan stunting tersebut, diantarannya melakukan penyuluhan PHBS, kesehatan produksi remaja, pengukuran lila ibu hamil, pemeriksaan anemia pada ibu hamil, senam ibu hamil, sampai dengan pelatihan peningkatan ekonomi keluarga di lokus stunting yang berada di kabupaten Parigi Moutong.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Sulawesi Tengah Tuty Zarfiana SH, M.Si, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Parigi Moutong Yusnaeni S. Sos, Kepala Badan Bappelitbangda Irwan S.K.M, M. Kes dan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP.PKK) Kabupaten Parigi Moutong Dra.Hj.Noor Wachida Prihartini S Tombolotutu.

Didi Rachmad
Tim Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim Pemda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here