Gubernur Sulawesi Tengah Rusdimastura. Foto: Prokopim/Azwar

Sekertaris jendral (Sekjen) Kwartir Nasional (Kwarnas) Pramuka Mayjen TNI purnawirawan (Purn) Dr. Bachtiar utomo, S. IP, M. AP lantik Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy mastura sebagai Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida), sekaligus melantik Wakil Ketua serta anggota pengurus Pramuka Kwartir Daerah Provinsi Sulawesi tengah Masa Bhakti 2022 – 2027.

Usai dilantik sebagai ketua Mabida Prov. Sulteng Gubernur sulawesi Tengah Rusdy Mastura juga dalam kesempatanya juga melantik Pengurus Lembaga pemeriksa keuangan dan dewan kerja gerakan pramuka daerah prov sulteng tersebut digedung pogombo kantor gubernur Sulteng Rabu (25/1/2023).

Sebelum dilakukan Pelantikan Pengurus Kwartir Daerah Provinsi Sulteng, Sekjen Kwarnas Bachtiar utomo juga memberi pembekalan berupa orientasi bagi Para pengurus Kwarda Sulteng.

Sekjen Kwarnas Mayjen TNI (Purn) Dr. Bachtiar utomo, S. IP, M. AP dalam orientasinya mengatakan dasar hukum kegiatan pramuka yang harus dipedomani yaitu tertuang dalam undang undang nomor 12 tahun 2010 tentang gerakan pramuka.

UU Ini adalah sebagai payung Hukum bagi para gerakan pramuka Ucapnya, namun UU No12 tahun 2010 tersebut juga masi perlu di revisi kembali karena untuk penerapan gerakan pramuka diera sekarang ini tentu situasinya berbeda.

Kata Bachtiar utomo Yang harus direvisi terutama salah satunya mengenai kedudukan dari pramuka itu sendiri, karena saat ini keberadaan pramuka masi dibawah naungan organisasi kepemudaan.

“UU ini harus secepatnya direvisi karena keberadaan pramuka bukan hanya sebagai peran dan fungsi pemuda saja akan tetapi pramuka juga harus diawali dengan prasiaga mulai dari membentuk pramuka ditingkat anak paud,TK, sampai ke penegak yaitu Pandega. “Ucapnya.

Sambutan Gubernur Sulteng H. Rusdy Mastura selalu Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) gerakan pramuka Prov. Sulteng baru dilantik mengatakan Atas nama Pemerintah merasa bangga dan mengapresiasi atas pelantikan pengurus gerakan pramuka di jajaran pengurus Kwartir daerah.

Gubernur berharap kwarda Gerakan pramuka di Prov. Sulteng ini menjadi pionir dalam mengembangkan karakter pemimpin dan mampu mencetak individu unggul utamanya.

“Semoga para pengurus bisa mengabdikan dirinya dengan amanah serta membawa gerakan pramuka semakin maju seraya Seribu negeri megalit dan tentunya Saya berharap keberadaan pramuka di Prov. Sulteng bisa menjadi pramuka yang handal. ” Tutur Gubernur.

Pada kesempatanya melalui Virtual Zoom Ketua Kwarnas gerakan Pramuka Komisaris jenderal (Komjen) PoL (Purn) Drs. Budi Waseso dalam arahanya menyampaikan berharap setiap kegiatan gerakan kepramukaan di provinsi Sulteng berkembang dengan baik.

Terlaksananya pelantikan ini merupakan tindak lanjut diterbitkanya surat keputusan Kwarnas gerakan pramuka Nomor 010 tahun 2023, tentunya dengan mengucapkan Tri satya pramuka serta pengucapan ikrar janji bagi pengurus kwarda Prov. Sulteng berharap janji ikrar tersebut dapat diwujudkan secara nyata, tidak hanya dilingkungan pramuka saja akan tetapi dapat diterapkan dalam kehidupan sehari hari, serta erpartisipasi secara aktif ditengah masyarakat.

Budi Waseso juga berharap Kwarda Sulteng mampu bangkit usai bencana gempa, dan mampu menunjukan potensi wilayahnya, serta mampu memberi pendidikan dan pelatihan pembinaan bagi adik adik penegak (Pandega) pramuka Yang terkait dengan bidang pertanian, perkebunan dan perikanan dengan harapan ketahanan pangan di wilayah Sulteng dapat ditumbuhkan. “Tutupnya.

Mewakili Bupati dan Wakil Bupati Kegiatan tersebut juga dihadiri Staf Ahli Bidang pemerintahan Hukum dan Politik Setda Parimo Drs. Aminudin.

Sub Sokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here