Jalin Kerja Sama dengan Unhas, Pemda Parigi Moutong Ingin Kebutuhan Dokter Spesialis 3 RS Terpenuhi. Foto : instagram @zulfinasran_achmad.

SEKRETARIS Daerah (Sekda) Kabupaten Parigi Moutong, Zulfinasran SSTP MAP mengatakan pemda Parigi Moutong akan melakukan kerja sama dengan Universitas Hasanuddin di bidang kesehatan.

Kerja sama itu dilakukan untuk mengakomodir kebutuhan dokter spesialis di tiga Rumah Sakit (RS) yakni RS Anuntaloko Parigi, RS Raja Tombolotutu Tinombo dan RS Buluye Napoa’e Moutong.

Hal itu diawali dengan adanya pertemuan awal antara tim pemda Parigi Moutong yang dimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Zulfinasran, dengan pihak Unhas, di Makassar, Kamis (12/5/2022) yang lalu.

Sekda Zulfinasran membeberkan, ada beberapa kendala yang dialami masing-masing RS yang ada di Parigi Moutong dalam memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat, diantaranya ialah kurangnya dokter-dokter spesialis, seperti dokter spesialis anak, dokter bedah dan dokter spesialis penyakit dalam, hingga dokter Anastesi.

Untuk memenuhi ketersediaan dokter spesialis tersebut, menurutnya pemda Parigi Moutong perlu menjalin kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi yang memiliki fakultas kedokteran, termasuk Unhas.

Hal ini juga menurutnya berkaitan dengan harapan Bupati dan Wakil Bupati Parigi Moutong yang menginginkan setiap Rumah Sakit dapat menjalankan pelayananya semaksimal mungkin, termasuk pemenuhan dokter spesialis di setiap rumah sakit yang ada.

“Memang saat ini tiga RS kita berupaya untuk membuat kerja sama di beberapa Universitas untuk memenuhi ketersediaan dokter spesialis. Khusus Unhas meminta kerja sama dilakukan Pemda Parigi Moutong sehingga jika ada kebutuhan dokter spesialis akan lebih fleksibel dalam menempatkan sesuai kebutuhan RS,” ujar Zulfinasran, dikutip dari akun instagramnya @zulfinasran_achmad, Sabtu (14/5/2022).

Untuk menindaklanjuti hasil pertemuan dengan pihak Unhas, Zulfinasran menyebut akan dilakukan rapat bersama dengan tiga direktur RS. Hal itu bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan dokter yang akan dimuat dalam kesepakatan kerja sama dengan Unhas.

“Nanti kita akan lihat kira-kira dokter mana yang bisa disediakan oleh pihak Unhas. Mengingat hingga saat ini, Unhas telah bekerjasama dengan sekitar 40 daerah. Jika kerja sama ini belum memenuhi kebutuhan seluruh Rumah Sakit, kemungkinan pemda akan menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi yang lain,” terangnya.

Dalam pertemuan dengan pihak Unhas, Zulfinasran hadir didampingi sejumlah pejabat jajaran pemda Parigi Moutong, salah satunya ialah Direktur RS Raja Tombolotutu Tinombo, dr Flora.

Tim Dokumentasi Prokopim Setda Parigi Moutong

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here