Pemda Gelar Sosialisasi Implentasi Media Edukasi BKB Kit Stunting, Rabu (23/3/2022). Foto : Fajri/Prokopim

MEWAKILI Bupati dan Wakil Bupati, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Ir. Lewis membuka secara resmi Sosialisasi Implementasi Media Edukasi Bina Keluarga Balita (BKB) Kit Stunting.

Turut mendamping Asisten II Kepala Dinas Pembersayaan Perempuan, Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Yusnaini,S.Sos, Camat Parigi Utara Usman Atjeh, S.Pd, Konsultan Produk BKB Stunting Sugiharti Soehardjono. Bertempat di aula kantor camat Parigi Utara. Rabu 23/3/2022.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Parigi Moutong Yusnaini S.Sos menyampaikan sambutannya secara umum bahwa jumlah lokus stunting Kabupaten Parigi Moutong tahun 2021 sebanyak 10 Desa dari 5 Kecamatan Se-Kabupaten Parigi Moutong, yang telah menerima bantuan Bina Keluarga Balita (BKB) Kit Stunting dan BKB Kit Siap Nikah sejumlah 20 paket dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Sub Bidang Keluarga Berencana (KB) tahun 2021 serta tahun 2022.

Lanjut, terkait tentang sosialisasi ini menghadirkan koordinator Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB), Bina Keluarga Balita (BKB) dan Kader Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) dengan jumlah keseluruhan 74 orang serta OBD KB berjumlah 26 orang. Ucapnya

Perlu di ketahui, jumlah keluarga balita BKB yang ada di kabupaten Parigi Moutong sebanyak 179 kelompok yang tersebar di seluruh kecamatan.

“Peran kelompok ini sangatlah penting untuk membantu penurunan angka stunting khususnya di Kabupaten Parigi Moutong ini.” Tuturnya

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Parigi Moutong Ir. Lewis dalam sambutannya mengatakan menurutnya selain membantu penurunan angka stunting kelompok dalam Bina Keluarga Balita ini juga bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan orang tua dalam hal pengasuhan anak balita.

Untuk itu saya mengajak bagi orang tua untuk meningkatkan kualitas anak dalam membangun keluarga, terutama bagi orang tua yang baru memiliki anak untuk mengikuti kelompok Bina Keluarga Balita.

“Karena kegiatan Bina Keluarga Balita tujuannya juga untuk membatu mengatasi masalah terhadap tumbuh kembang anak.”

Saya juga berharap Kepada seluruh peserta sosialisasi untuk mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, agar semua kader Bina Keluarga Balita dapat mampu menurukan angka stunting yang ada di Kabupaten Parigi Moutong ini. Tutupnya

Muhammad Fajri
Tim Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim Pemda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here