Wabup Badrun Buka FGD Lintas OPD Terkait Penyusunan Publikasi Data Strategis 2022, Senin (21/3/2022). Foto : Prokopim

WAKIL Bupati Parigi Moutong Badrun Nggai,SE buka kegiatan Focus Group Discussion (FGD) lingkup Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta instansi Vertikal dalam penyusunan publikasi untuk angka dan data strategis dikabupaten Parigi Moutong tahun 2022.

Kegiatan diselenggarakan bertempat diaula Hotel Anutapura senin, (21/3/2022).

Kegiatan FGD ini juga dihadiri kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Parigi Moutong Simon, S.Si,MM, serta sejumlah kepala OPD terkait dan instansi vertikal.

Sambutan Wakil Bupati Parigi Moutong Badrun Nggai,SE menyampaikan kegiatan focus group discussion (FGD) untuk penyusunan publikasi dalam angka dan data strategis dikabupaten Parigi Moutong tahun 2022 ini dilaksanakan selain sejalan dengan undang-undang nomor 25 tahun 2014 pasal 31 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional juga menjelaskan perencanaan pembangunan yang didasarkan pada data dan informasi yang akurat.

Perencanaan pembangunan yang tepat sasaran akan dapat menjawab permasalahan daerah dengan memerlukan data yang berkualitas, akurat, lengkap, relevan, berkesinambungan dan terkini. ucap wabup.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan focus group discussion ini diselenggarakan karena pentingnya koordinasi antar dinas/instansi terkait untuk memberikan data sektoral yang dibutuhkan sehingga publikasi yang dihasilkan akan dapat memberikan gambaran kabupaten Parigi Moutong secara utuh.” ujarnya.

Wabup menuturkan, pentingnya keikutsertaan dari seluruh OPD untuk berpartisipasi aktif bukan hanya dalam memberikan data tapi juga memastikan konsistensi data yang diberikan dalam rangka meningkatkan kualitas data. Jelasnya.

Dalam laporannya kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Parigi Moutong Simon, S.Si,MM mengatakan kegiatan FGD dilaksanakan untuk menyamakan persepsi bersama OPD pemerintah daerah juga instansi lainya guna terkait mendapatkan data yang akurat untuk dapat dipublikasikan.

Selain itu Simon berharap dari kegiatan FGD Bisa dapat berkolaborasi bersama dinas maupun instansi terkait untuk meningkatkan kualitas publikasi dikabupaten Parigi Moutong karena FGD merupakan wujud dari data se indonesia.

“Suatu daerah harus punya data yang jelas, data ini penting dimiliki sehingga program yang dirumuskan betul betul menjadi solusi bagi masyarakat yang dibantu.” Ucapnya.

Tentu saja dengan dukungan serta kerjasama dinas maupun instansi terkait dapat membantu dalam peningkatan pembangunan didaerah Parigi Moutong. “Tutupnya

Azwar
Tim Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim Pemda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here