Richard: Perpustakaan Adalah Institusi Yang Penting Dalam Mendukung Pendidikan
Richard Arnaldo Perpustakaan Adalah Institusi Yang Penting Dalam Mendukung Pendidikan. Foto: Prokopim Parimo 

Seperti kita ketahui bersama bahwa Perpustakaan adalah salah satu institusi yang penting dalam mendukung kegiatan pendidikan. Bukan hanya itu, tetapi juga penelitian dan pengembangan masyarakat guna memperluas pengetahuan dan keterampilan.

Hal ini disampaikan Penjabat (Pj), Bupati Richard Arnaldo, pada saat membuka secara resmi pameran promosi Perpustakaan dan Kearsipan serta lomba minat baca tingkat Kabupaten Parigi Moutong (Parmout) tahun 2023, di Halaman Kantor Perpustakaan, Jum’at, 10 November 2023.

Pj Bupati Richard mengatakan, saat ini Perpustakaan kurang dikenal dan diminati oleh masyarakat karena zaman yang begitu modern sehingga masyarakat kebanyakan menggunakan Media Sosial (Medsos) untuk menjadi alat baca elektronik.

“Promosi Perpustakaan ini sudah sepatutnya digelar. Hal ini dilakukan agar meningkatkan kesadaran masyarakat tentang keberadaan Perpustakaan serta manfaat yang dapat diperoleh dari Perpustakaan itu sendiri,” ujarnya.

Menurutnya, Perpustakaan merupakan gudang ilmu yang harus dikembangkan agar menjadi salah satu wadah informasi penting yang perlu dijaga dan dilestarikan. Perpustakaan dan Kearsipan juga memiliki peran penting dari keberdiriannya Kabupaten Parigi Moutong.

“Kegiatan promosi seperti ini sangat bernilai positif bagi kita dan seluruh masyarakat Parmout. Mengingat hampir seluruh sejarah tentang Parmout bisa didapatkan di Perpustakaan dan Kearsipan sehinggap dapat diimplementasikan ke masyarakat melalui program-program yang menarik dan juga event-event lomba seperti ini,” terangnya.

Richard mengharapkan agar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan untuk terus berupaya membuat program-program menarik seperti lokakarya menulis, klub buku, library cafe dan lain-lain. Hal ini juga dapat meningkatkan literasi membaca masyarakat untuk memahami secara detail penyebaran informasi di era digital.

“Dengan meningkatkan literasi membaca terhadap masyarakat dapat menjadi lebih kritis dan mampu mengembangkan potensi diri mereka dalam menghadapi informasi di era digital sekarang ini. Tidak semua informasi yang terdapat diinternet dapat dipercaya keakuratannya,” pungkasnya.

Usai membuka kegiatan tersebut, Pj Bupati Richard, didampingi Wakil Ketua I DPRD, Faizan Badja, Wakil Ketua Komisi IV DPRD, Edy Tangkas,Kapolsek Parigi, AKP Arifin Mahmud, Kepala Dinas (Kadis) Perpustakaan dan Kearsipan Parigi Moutong, Sakti Lasimpala, Kadis Nakertrans, Hendra Bangsawan, Kadis Koperasi dan UKM, Sofiana, Plt. KadisPorapar, Eny Susilowati, mininjau Stand Pameran Seni, UKM dan Bazar makanan.

Sub. Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here