Sekertaris Daerah Kab. Parigi Moutong Zulfinasran Tiangso, S. STP, M. A. P membuka Resmi Bimtek Pemberkasan Arsip diAula lantai II Kantor Bupati Foto : Prokopim Parimo

Dinas Perpustakan dan Kearsipan (Dispustaka) Provinsi Sulteng bersama Kabupaten Parigi Moutong Gelar Bimtek Pemberkasan Arisp.

“agar tak disalah gunakan, Kode Arsip menjadi bagian penting dilaksanakan setiap Instansi pemerintahan untuk menjaga Kerahasiaan arsip serta penyebarluasan arsip. ” Ucapnya.

Hal itu disampaikan Sekda Parimo Zulfinasran saat menyampaikan Sambutanya dikegiatan Pembukaan Bimtek Pemberkasan Arsip dilingkup Pemerintahan Kabupaten Parigi Moutong bertempat Aula Lantai II Kantor Bupati, Senin (30/10/2023).

Kegiatan tersebut mengangkat Tema “melalui bimtek pemberkasan arsip kita tingkatkan kualitas SDM arsiparis/pengelola guna terwujudnya tata kelola arsip yang baik dan benar menuju parimo sadar tertib arsip”.

Dalam arahanya Sekda Zulfinasran menyampaikan terkait personalia kearsipan tentu saja dipastikan mempunyai hambatan , hal itu dikarenakan dengan adanya pergantian maupun pergeseran penanggung jawab dari pengelola arsip di masing masing OPD setiap tahun. Menurutnya, tentu hal ini menjadi bagian penting bahwa Kode Arsip itu Perlu dilakukan dalam hal kerahasiaan OPD itu sendiri.

“Kede Arsip bagi setiap penanggung jawab pemberkasan Arsip penting dilakukan untuk menjaga kerahasiaan berkas tersebut agar tidak disalahgunakan, ” Ucapnya.

Berkaitan dengan hal itu tentu saja yang diinginkan agar personalia pengelola arsip benar benar bertanggung jawab dengan berkas yang telah ia arsipkan.

Selain itu Zulfinasran mengatakan terselenggaranya pemerintahan yang baik tidak terlepas dari kearsipan yang baik.

Kata sekda Peran penting pemberkasan arsip dalam pelaksanaan Reformasi birokrasi dapat berpengaruh terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintahan, diantaranya yaitu dengan menyediakan informasi yang autentik dan dapat dimanfaatkan oleh publik secara transparan.

Sekda menuturkan informasi didalam sebuah arsip merupakan informasi yang sangat penting bagi setiap kelancaran instansi, terutama dalam mendukung kelancaran administrasi dan manajemen suatu instansi sebagai sumber informasi, sumber sejarah, pusat ingatan dan acuan serta barang bukti bagi suatu instansi jika terjadi gugatan atau permasalahan hukum.

Tujuan Bimtek ini dilaksanakan kata Sekda yaitu sebagai pemahaman , dan memberikan pemahaman tersebut kepada setiap perangkat OPD Untuk pengelolaan arsip serta mewujudkan pelayanan publik yang baik.

“Melalui kegiatan Bimtek ini saya sangat mendukung, saya berharap kegiatan ini dapat memberikan pengetahuan bagi tenaga pengelola arsip, bagaimana cara mengelola arsip dengan baik dan meningkatkan pengetahuan,” tandasnya.

Turut Hadir Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Prov. Sulteng I Nyoman Sriadijaya,Kepala Bidang Pembinaan dan Pengawasan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusaka) Sulteng, Rodice Langahi, Perwakilan Kepala Arsip Nasional RI, Sekdis Dispusaka Parimo.

Sub. Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here