Bupati Samsurizal secara resmi membuka Pelatihan Matematika Dengan Metode GASING, sekaligus secara simbolis memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak angin puting beliung Foto : Prokopim Parimo

Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Parigi Moutong, melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) menggelar pelatihan Matematika dengan menggunakan metode Gampang Asyik Menyenangkan (Gasing) sebagai penguat capaian Numerasi Sekolah Dasar (SD).

Dalam pembelajaran metode Gasing ini anak-anak diajak bermain dan bereksplorasi dengan alat peraga sehingga benar-benar terasa dan terbayang konsep yang ingin disampaikan. Salah satu ciri khas lain dari metode GASING adalah anak-anak dapat melakukan perhitungan di luar kepala (mencongak) dengan cepat.

Kegitan tersebut diselenggarakan di Gedung Serba Guna, Kecamatan Tinombo, Senin, 18 September 2023. Pada kegiatan itu, Pemda Parimo menghadirkan tokoh Pendidikan Yohanes Surya, selaku pencetus metode Gasing yang akan hadir pada tanggal 24 September 2023 mendatang.

Pada kesempatan itu, juga dihadirkan ketua tim Trainer, Samuel, dan 9 orang lainnya yang berasal dari beberapa Provinsi berbeda di Indonesia.

Kepala Disdikbud Parimo, Sunarti menjelaskan setelah melewati berbagai macam audiens, Bupati Samsurizal pada minggu lalu telah menandatangani MoU bersama dengan pencetus metode Gasing Yohanes Surya.

“Kegiatan ini merupakan kegigihan Bupati Samsurizal untuk terus meningkatkan prestasi Anak-Anak daerah, terlebih khususnya kepada masyarakat yang berada di Desa terpencil. Maka dari itu, Bupati Samsurizal meminta agar pelatihan ini diadakan di Kecamatan Tinombo, mengingat banyaknya Anak-Anak SD yang tinggal di pelosok Desa,” ujarnya

Sunarti membeberkan, bukan hanya Anak-Anak SD di Kecamatan Tinombo saja yang mengikuti pelatihan tersebut, tetapi, juga diikuti 23 Kecamatan yang ada di Kabupaten Parigi Moutong.

“Masing-masing Kecamatan diwakili 2 orang siswa. Tak hanya siswa, sebanyak 32 Guru perwakilan dari setiap kecamatan dana Mahasiswa dari Universitas Tadulako (Untad) Palu, juga mengikuti pelatihan ini,” ungkapnya.

Senada dengan hal itu, Bupati Samsurizal menegaskan kepada seluruh guru dan mahasiswa agar mengikuti pelatihan tersebut dengan baik dan fokus terhadap setiap materi yang diberikan. Guru menjadi garda terdepan dalam membentuk karakter dan kemampuan otak siswa-siswi disekolah.

“Ikuti pelatihan ini dengan baik dan fokus, jangan sungkan jika ada yang mau ditanyakan, Trainer-trainer ini didatangkan khusus untuk membentuk dan membekali kalian ketika mengajar nanti. Pelajaran Matematika sekarang ini kurang diminati oleh siswa-siswi SD, SMP, SMA, maka dengan metode Gasing ini anak-anak bisa menikmati Matematika,” tegasnya.

“Untuk para mahasiswa Untad jangan hanya terfokus dengan Kuliah Kerja Nyata (KKN) kalian, manfaatkan kesempatan ini untuk menyerap ilmu yang nantinya bisa diimplementasikan kedepannya, saya juga sudah meminta izin kepada Rektor Untad agar kalian bisa mengikuti kegiatan ini,” pungkasnya.

Usai membuka kegiatan itu, Bupati Samsurizal secara simbolis memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak angin puting beliung pada hari Senin, 11 September 2023. Bantuan yang diberikan berupa Kasur lipat, Matras, Sandang Dewasa, Makanan Anak, Terpal, Lauk siap saji dan Selimut.

Sub. Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here