Bupati Samsurizal Tombolotutu mendapatkan Penghargaan dari Kemenpora dipuncak Peringatan Haornas Ke 40 tahun 2023 Foto : Prokopim Parimo

Bupati Parigi Moutong H. Samsurizal Tombolotutu dianugerahkan Sebagai Pembina Olahraga oleh Kemenpora atas dedikasinya dibidang olahraga, Kolonel Purnawirawan itu mendapat Penghargaan langsung dari Menteri Pertahanan letnan Jendral TNI (Purn) Prabowo subianto, atas Komitmenya untuk program perioritas sarana serta prasarana olahraga diParimo.

Mengangkat Tema gelanggang semangat pemenang , Peringatan Haornas ke – 40 tahun 2023 itu digelar digedung Velodrome Internasional Rawamangun Jakarta Sabtu (9/9/2023).

Usai Terima penghargaan Golden Award SIWO PWI Pusat, Bupati Parimo Menerima kedua Kalinya Penghargaan yang Penyerahanya diberikan langsung Menteri Pertahanan Parbowo Subianto Mewakili Presiden RI Joko Widodo.

Selain Bupati Samsurizal, diantaranya pemberian Penghargaan itu juga diserahkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo Kepada Atlet berprestasi, purna olahrawagan, pelatih/instruktur, wasit/juri, dan penggerak olahraga yakni selebritis, serta kepala daerah sejumlah 23 orang yang didalamnya adalah artis selebritis ternama yaitu Raffi Achmad, atta halilintar juga Dedy corbuzer.

Sambutan Menhan Prabowo Subianto mengatakan “Saya mendapatkan kehormatan malam ini diberi tugas oleh Bapak Presiden Joko Widodo untuk mewakili beliau di acara Haornas 2023,” ucapnya.

olahraga ada hubunganya dengan pertahanan. Menurutnya, dalam jiwa yang sehat terdapat tubuh yang sehat, Begitupun juga sebaliknya. 

Lanjutnya jika Pemuda pemudi dan rakyatnya semangat yakin bangsa ini menjadi bangsa yang makmur. “Tak ada bangsa yang berhasil tanpa bangsa yang kuat. Oleh karenanya semua stakeholder punya peran yang sangat penting. Pertahanan suatu negara tercermin oleh prestasi pemudanya,” ujarnya. 

sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (Ketum PB IPSI), ia pun berharap peringatan Haornas tahun ini jadi momentum untuk terus membangkitkan olahraga di Tanah Air. 

Dalam kesempatan yang sama, Menpora Dito menyampaikan pesan Presiden Joko Widodo mengenai ekosistem besar olahraga harus dikembangkan dan diperkuat.

Presiden juga mengarahkan agar sport science perlu dibuat di perguruan tinggi dengan berbagai program studi seperti manajemen olahraga, kesehatan olahraga, arsitektur fasilitas olahraga, industri kreatif olahraga harus dikembangkan sesegera mungkin. 

“Dengan demikian, ekosistem pendidikan dapat berkontribusi terhadap dunia olahraga untuk mencetak atlet olahraga, wirausahawan olahraga, pakar olahraga, manajer club olahraga hingga para tenaga profesional lainnya,” tutur Menpora Dito. 

“Intinya keMenpora Siap jadi Wisator Link and match antara stakeholder olahraga, ” Tandasnya.

lanjutnya melihat saat ini penyelenggara liga profesional olahraga di Indonesia hanya fokus kepada pertandingan di lapangan. Padahal, menurutnya, meningkatkan value bisnis juga penting demi kesejahteraan semua pelaku industri olahraga.

“Caranya bagaimana? Caranya dengan mengadopsi strategi sportainment agar ekosistem industri berkembang, tidak hanya produk apparel, tetapi juga ke jasa-jasa hiburan dan produksi kreatif lainnya,” jelas Dito.

Ia pun memberi contoh Liga American Football (NFL) dengan Superbowl-nya. Ajang itu kini menjadi yang termahal di dunia dalam hal pemasangan iklan. Ia mendorong agar adanya program-program pembudayaan olahraga yang menghibur masyarakat.

“Kedua, aspek sport tourism ini penting untuk rekan-rekan di daerah. Kita perlu mengidentifikasi potensi pariwisata olahraga di wilayah-wilayah Anda. Pertimbangkan acara olahraga yang ada, infrastruktur yang ada dan daya tarik alam yang dapat mendukung industri ini,” Tutupnya.

Turut hadir pada acara tersebut Kapolri, Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, sejumlah Ketua Umum KONI, Marciano Norman, Ketum Komite Olimpiade Indonesia, Raja Sapta Oktohari serta tamu undangan lainnya.

Turut mendampingi Bupati Parimo, Sekretaris Daerah Zulfinasran , S.Ap, M.A.P, Ketua Koni Parimo Faisan BaDja, Kadis Pemuda Olahraga dan Pariwisata Mawardin, Djambaru, Kadis PU, Direktur RS. Anuntaloko, Ketua TP – PKK Parimo, Ketua DWP Parimo, Sekban Bappelitbangda, Kabag Prokopim, Kabag Umum.

Sub. Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here