Peringatan HUT Kec. Kasimbar sekaligus dirangkaikan Pencanangan Kampung Keluarga Berkualitas diHadiri Wakil Bupati Parimo H. Badrun Nggai, SE Foto : Prokopim Parimo

Pemerintah Kecamatan Kasimbar Peringati Hari Aniversary Ke 19 dengan menggelar Upacara bersama Sejumlah Aparatur Pegawai, TNI – Polri, Ormas serta Mahasiswa – Pelajar. Kegiatan itu ditandai dengan Pemotongan Tumpeng dan Pemukulan Gong serta Pelepasan Balon Udara, diHalaman Kantor Camat Kasimbar Senin (28/8).

Selain Jadi Irup, disela sela Upacara Peringatan HUT berlangsung Wakil Bupati Parimo Badrun Nggai didampingi Ketua Tim Kerja Pengendalian Penduduk Perwakilan BKKBN Sulawesi Tengah. Moh. Rosni .SE,M,Si, Ketua DPRD Kab. Parimo Sayutin Budianto, S.Sos, Camat serta kepala OPD terkait lainnya Juga sekaligus mencanangkan secara resmi Kecamatan Kasimbar sebagai Kampung keluarga berkualitas dalam rangka Percepatan Penurunan Stunting tingkat Kab. Parimo tahun 2023.

Sambutan Wabup Badrun Nggai mengawali amanatnya mengucapkan Selamat HUT Ke 19 kepada Kecamatan Kasimbar. Berkaitan dengan telah diresmikan Kecamatan Kasimbar sebagai Kampung keluarga berkualitas untuk menekan angka stunting diKabupaten, Kata Wabup pencanangan ini merupakan salah satu program pemerintah pusat yang dilaksanakan di seluruh provinsi, kabupaten dan kota se Indonesia.

“Pencanangan Kampung Keluarga Berkualitas merupakan pengganti dari program lama yaitu Kampung Keluarga Berencana, ” Tuturnya.

tujuan pencanangan kampung keluarga berkualitas juga diharapkan agar semua lintas sektor berperan aktif dalam penanganan stunting yang ada diwilayah pedesaan atau di kelurahan.

Wabup Menyampaikan Pencanangan Kampung Keluarga Berkualitas ini yang terakhir diresmikan olehnya, dimana dari keseluruhan di kabupaten Parimo hanya mencanangkan sebanyak 97 desa dan 12 kecamatan termasuk salah satunya kecamatan kasimbar.

Pinta Wabup dengan terbentuknya kampung keluarga berkualitas di kecamatan kasimbar ini bisa dapat menurunkan angka stunting se kacamatan kasimbar.

Menurutnya menambahkan program ini, sangatlah penting dan strategis, sebagai bentuk Optimalisasi Penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas (KB) dengan tujuan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan memberdayakan serta memperkuat institusi keluarga di setiap desa/kelurahan.

Kampung KB merupakan pendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat. Selain itu juga Program-program KB tidak hanya menekan jumlah angka penduduk, namun juga memudahkan pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan pembangunan wilayah berwawasan kependudukan. Seperti halnya di bidang kesehatan juga pendidikan.

“Program ini dijalankan sesuai instruksi Presiden nomor 3 tahun 2022 tentang optimalisasi penyelenggaraan kampung berkualitas bertujuan untuk meningkatan kualitas Sumber Daya Manusia serta memperkuat institusi keluarga melalui optimalisasi penyelenggaraan kampung keluarga berkualitas di setiap Desa dan Kelurahan, “Jelasnya.

harap Wabup, kegiatan ini bisa menjadi pelopor perubahan bagi Kecamatan dan Desa dalam menjalankan program-program pencanangan kampung KB, sebagai upaya mengatasi dan mencegah stunting di Kabupaten Parigi Moutong, “Tutupnya.

Sub. Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here