Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ir. Lewis membuka dengan resmi Sosialisasi Perluasan akses bagi pelaku UMKM di Parigi Moutong Foto : Prokopim Parimo

Kementerian koperasi melalui Bidang Usaha Mikro berikan pelatihan kepada 50 pelaku UMKM di Parigi Moutong. Kegiatan tersebut resmi dibuka Bupati Parimo oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ir. Lewis bertempat hotel oktaria Parigi Rabu (5/7/2023).

pelatihan digelar dengan mengangkat tema perluasan akses pemasaran usaha mikro dilingkup Kabupaten Parigi Moutong.

Selaku ketua Panitia pelaksana kegiatan Agus Santoso saat memberikan keterangan mengatakan Kegiatan tersebut bertujuan memberikan motivasi dan meningkatkan keterampilan UMKM dalam bidang pemasaran secara online maupun ofline agar produk UMKM yang dihasilkan dapat tampil lebih kompetensi serta memiliki kemampuan untuk menciptakan kreatifitas baik dalam inovasi produk maupun pengembangan pasar bagi produk yang dihasilkan.

Menurutnya kegiatan yang menyasar pelaku UMKM ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh kementerian koperasi dalam mengembangkan dan memajukan para pelaku UMKM di Parimo, agar produk yang dihasilkan memiliki daya saing yang tinggi

“ Produk olahan umkm yang dihasilkan harusnya diimbangi dengan kualitas daya saing baik dari sisi produk maupun SDM agar dalam menghadapi era globalisasi digital saat ini produk yang dihasilan memiliki nilai jual yang tinggi dan dapat mencakup pangsa pasar yang lebih besar “ kata agus

Sementara itu Ir. Lewis Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kab. Parigi Moutong saat membuka kegiatan tersebut mengatakan Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk mendorong perekonomian adalah melalui pelaksanaan peraturan presiden nomor 12 tahun 2021 tentang implementasi pengadaan barang dan jasa.

peraturan pengadaan barang dan jasa tentunya dapat memberikan peluang bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah serta UMKM untuk berkembang dalam rangka peningkatan ekonomi. berkaitan hal tersebut dalam rangka memperkenalkan dan memasarkan suatu produk usaha.

para pelaku usaha haruslah memperlebar jangkauan pemasaran usahanya sehingga dapat dikenal oleh khalayak ramai karena menurutnya pemasaran merupakan faktor penting dalam setiap usaha yang menentukan sukses atau tidaknya usaha yang dijalankan.

kondisi pemasaran selalu fluktuatif atau perubahan harga berupa kenaikan maupun penurunan nilai harga sehingga perlu adanya strategi pemasaran yang kompeten dan kebutuhan pasar yang jelas dan baik sehingga produk yang akan dipasarkan tersebut mempunyai peluang pasar pada imbasnya dapat mendorong peningkatan pemasaran dan peningkatan produk yang berdaya saing

“ saya berharap para pelaku UMKM dapat menjaga mutu baik kualitas maupun kuantitas produknya sehingga mampu menembus pangsa pasar yang lebih baik” ucap Lewis.

Sub. Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here