Dirtjen Hortikultura Kementrian Pertanian RI Prihasto setyanto membuka dengan Resmi Pameran UMKM di Mossing Kec. Timsel Foto : Prokopim Parimo

Melalui gelaran Pameran UMKM, Dirtjen Hortikultura Kementrian Pertanian RI Dr. Ir. Prihasto setyanto, M.Sc mengajak Para pelaku usaha durian Parimo bangkit bersama pemerintah daerah, untuk menyuplai durian sampai ke tingkat Internasional.

Hal itu dikatakannya saat membuka dengan resmi Pameran UMKM dalam rangka memasuki acara puncak Festival Durian, bertempat Mossing Rabu (5/7/2023).

Himbau Dirtjen Prihasto setyanto dalam sambutanya mengatakan, sejalan dengan Keinginan Bupati Parimo, selain memperkenalkan Daerah Parimo lebih dikenal ditingkat nasional, ia berharap hasil farietas Durian Parimo dalam pemasaranya juga bisa menembus hingga sampai tingkat internasional.

Tutur Dirtjen Prihasto setyanto untuk mendukung suksesnya acara festival durian, kegiatan seperti ini juga harapnya bisa dilaksanakan disentral produksi durian lainya.

“Negara Indonesia sudah dikenal dengan banyaknya farietas unggulan durian, Tentunya pemerintah kabupaten berkeinginan untuk mendukung serta memberi semangat kepada para pelaku usaha diParimo agar Durian Lokal Parimo siap untuk diekspor ke negara thailand bahkan sampai ke negara china, “jelasnya.

“pihak pemerintah pusat juga akan membantu untuk mengekspor durian Parimo sampai menembus Pasar sentral Buah diChina, ” Ujar Prihasto setyanto.

“Ini juga Perlu dibarengi dengan semangat dari para pelaku usaha durian itu sendiri untuk lebih memperkenalkan kualitas durian lokal Parimo sampai ke negara luar, ” Ucapnya.

Kata Prihasto setyanto, Tercatat setiap tahun pasar ekspor durian didunia internasional terus mengalami peningkatan akan tetapi penyuplai dari beberapa negara masih sangatlah kurang dan hanya tercatat kurang lebih 10 negara saja.

“Dimana peran Indonesia saat ini, Peluang besar negara Indonesia sangatlah besar dan tidak terbatas (unlimited), menurutnya data FHO penyuplai untuk negara Indonesia masih sangat minim dibandingkan negara lainya.

Sebelum mengakhiri sambutanya Melalui penyelenggaraan Festival durian yang digelar oleh pemerintah Parimo, Prihasto setyanto mengajak para pelaku usaha buah Durian bersama sama membangkitkan semangat.

“Mengawali puncak Festival Durian Saya harap durian Parimo minimal bisa merajai ditingkat domestik dan sampai ke tingkat internasional, ” Tutupnya.

Sub. Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here