Wabup Badrun Nggai Terima Kunker Komisi VIII DPR RI Bersama Tenaga Ahli BNPB. Foto: Prokopim/ Aldy

Wakil Bupati (Wabup) Badrun Nggai, terima kunjungan kerja (kunker)  Anggota Komisi 8 ruang lingkup tugas bidang Agama, Sosial, dan Kebencanaan Matindas J. Rumambi bersama Tenaga Ahli Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana )BNPB Jahidin Chilo dalam rangka penyaluran bantuan Dana Siap Pakai (DSP) senilai Rp. 250 juta dan dana bantuan logistik senilai Rp. 2 miliar.

Kegiatan tersebut berlangsung di Aula lantai dua Kantor Bupati Parigi Moutong, Jum’at, 9/6/2023.

Dana yang diterima oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Parigi Moutong secara simbolis diterima oleh Wabup Badrun Nggai. Yang selanjutnya disalurkan kepada masyarakat yang terdampak Banjir Bandang di Kecamatan Balinggi.

Badrun mengatakan, dengan wilayah yang cukup luas menjadikan Kabupaten Parigi Moutong termasuk salah satu daerah yang rawan terhadap bencana alam.

“Contohnya yang terjadi pada tanggal 29 Mei di Kecamatan Balinggi. Bencana banjir bandang yang telah menelan korban jiwa, hilangnya aset mata pencaharian masyarakat, serta hilangnya berbagai macam infrastruktur,” ucapnya.

“Hal ini telah mendapatkan respon positif dari Pemerintah Republik Indonesia, melalui Komisi 8 dan tenaga ahli Kepala BNPB telah menyalurkan dana bantuan untuk operasional maupun dana logistik,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu, tenaga ahli Kepala BNPB Jahidin Chilo, mengatakan dana DSP yang diberikan ke Pemda Parigi Moutong dapat digunakan untuk operasional dan juga logistik bagi masyarakat yang terdampak.

“Dana DSP yang diberikan dapat digunakan untuk BBM, dan operasional lainnya. Adapun dana logistik, saya harap Pemda Parigi Moutong agar secepatnya untuk melakukan registrasi terhadap dana tersebut, sehingga dengan cepat untuk disalurkan kemasyarakat,” ujarnya.

Usai diterima di Aula Lantai dua Kantor Bupati, Rombongan Komisi 8 bersama tenaga ahli BNPB didampingi langsung oleh Wabup Badrun Nggai, melakukan peninjauan lokasi bencana banjir bandang di Kecamatan Balinggi.

Sub. Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here