Wakil Bupati Parigi Moutong Badrun Nggai dampingi kunjungan anggota Komisi 8 DPR – RI bersama Tenaga ahli Kepala BNPB Pusat di kecamatan Balinggi Foto : Prokopim /Azwar

Tanggap pasca bencana banjir bandang diKab. Parimo Tenaga ahli Kepala BNPB Pusat bersama anggota Komisi 8 DPR – RI kunjungi langsung Lokasi pasca banjir dikec.Balinggi.

Usai diterima oleh Wakil Bupati Parigi Moutong Badrun Nggai dilantai II kantor Bupati, rombongan Tenaga Ahli Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pusat dengan anggota Komisi 8 DPR – RI beserta dinas terkait, forkopimda Kabupaten tinjau lokasi pasca banjir di kecamatan balinggi pada Jumat, (9/6/2023).

Kegiatan penyerahan Bantuan Fisik berupa sembako dan paket peralatan lengkap siap pakai untuk korban banjir juga langsung diserahkan secara simbolis kepada masyarakat setempat yang terdampak.

Penyerahan tersebut langsung diserahkan oleh anggota Komisi 8 DPR – RI Matindas J. Rumambi didampingi Tenaga ahli Kepala BNPB pusat Brigjen (Purn) Dr. Jahidin Chilo dan Deputi Bidang Penanganan David Gideon Willem Paulus serta Wakil Bupati Parigi Moutong Badrun Nggai,SE.

Anggota Komisi 8 DPR – RI Matindas J. Rumambi saat diwawancarai di lokasi pasca Bencana mengatakan Pemerintah Pusat telah melucurkan bantuan Dana Siap pakai berupa Dukungan Operasional Senilai Rp. 250.000.000 danĀ  bantuan Logistik dan Peralatan Senilai Rp. 2.358.825.000 kepada masyarakat yang tertimpa Musibah.

Ucapnya Perlu adanya mitigasi yang lebih dalam rangka untuk mendorong rehabilitasi daerah diparimo pasca banjir, Matindas juga mengamanatkan agar pemerintah daerah terutama pemerintah kecamatan serta aparatur Desa menjadi ujung tombak untuk bersama menjaga lingkungan.

Matindas menuturkan langkah antisipatif dari pihak pemda Kabupaten juga BNPB Parimo bahwa pekerjaan alat berat harus diturunkan mengantisipasi terjadinya debet air susulan pada saat intensitas curah hujan tinggi.

“Kehadiran kami adalah wujud kehadiran Negara yang turut membantu dan mengawal Proses tanggap darurat bencana yang tak berlarut larut dan juga terhadap penggunaan Dana yang ada, ” Tuturnya.

Usai mendampingi Tim pusat, sebagai tindak lanjut Wakil Bupati Parimo Badrun Nggai kesempatanya juga melakukan kunjungan langsung ke desa catur karya terhadap korban dampak banjir, selain menyerahkan secara simbolis bantuan fisik kepada warga setempat Wabup Badrun Nggai juga kunjungi titik parah dilokasi Dusun II dan III.

Arahanya menyampaikan agar bantuan yang disalurkan dapat bermanfaat, wabup berharap agar pemerintah Desa dengan Dinas terkait dalam menyalurkan bantuan tidak pilih kasih.

“Saya harap Kepala Desa juga memperhatikan data masyarakatnya, dalam menyalurkan bantuan haruslah tepat sasaran, serta menyikapi musibah yang terjadi merupakan cobaan dari allah SWT, ” Tutupnya.

Sub. Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here