Kegiatan Loka karya Mini lintas sektoral bidang kesehatan di kecamatan Parigi Barat digelar untuk Peningkatan Mutu kerja Pemerintah Desa serta UPTD Puskesmas Foto : Prokopim

Dalam pemenuhan peningkatan Mutu Standar Pelayanan Minimal (SPM) serta dukungan Pemerintah Desa dalam hal peningkatan pelayanan dan kualitas kesehatan, Pemerintah Kecamatan Parigi Barat gelar Loka karya Mini (Lokmin) bertempat Aula Polibu Tanabangkala desa parigimpu’u, Rabu (24/05/2023).

Kegiatan Lokmin kesehatan lintas sektoral tersebut ditandai dengan penanda tanganan Nota Kesepahaman oleh Camat Parigi Barat idham Karanja.

Sebagai tindak lanjut Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2019 Tentang Standar Teknis Pemenuhan Mutu Pelayanan Dasar Pada Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Kesehatan Parimo kolaborasi Pemerintah kecamatan Parigi Barat akan menerapkan pelayanan Mutu kesehatan sesuai SPM sampai ditingkat desa.

Mewakili Bupati dan Wakil Bupati sekertaris dinas kesehatan Parimo Astar Baturangka S,KM menyampaikan dalam hal peningkatan layanan kesehatan Pemerintah Kabupaten berharap butuh dukungan dari seluruh pemangku kebijakan sehingga Program program strategis di bidang kesehatan dapat dikerjakan secara menyeluruh.

Delegasi pihak Dinkes Parimo melalui Bupati dan wakil Bupati menegaskan tentunya OPD Teknis untuk turun bersama sama dengan sejumlah OPD Teknis yang ada sehingga optimalisasi dan percepatan program ini sesuai target yang telah ditentukan oleh Pemkab.

Ucap Sekdis dalam hal pelayan kesehatan diMasyarakat menghimbau kepada seluruh tenaga kesehatan yang berada didesa selalu bekerja sungguh-sungguh membangun karakter pelayanan yang sesuai dengan SOP, serta langkah langkah medis dilapangan dalam melakukan penyuluhan kunjungan dan pendataan untuk melaporkan hasilnya secara berjenjang sehingga data yang dihasilkan bisa menjadi acuan bagi kami khususnya Dinas Kesehatan juga pemkab untuk mengevaluasi sejauh mana program ini telah berjalan ditengah masyarakat, “himbaunya.

Lanjut Menurut Astar (Sekdis) untuk membangun kemitraan ditingkat desa bersama seluruh stackhokder yang ada kiranya petugas Kesehatan lingkup Kecamatan dan desa agar terus mengedukasi ke masyarakat bagaimana cara untuk menerapkan pola hidup sehat dan menanamkan nilai nilai kepedulian terhadap lingkungan terutama peningkatan kualitas kesehatan pada keluarga dan masyarakat.

Tambahnya Masyarakat juga perlu untuk memanfaatkan seluruh potensi sarana dan prasarana kesehatan yang dimiliki, hal tersebut untuk menunjang pelayanan secara menyeluruh dimasyarakat.

Selain itu dalam hal jaminan kesehatan dimasyarakat pemerintah desa harus terus menerus mengupdate database kesehatan dan jaminan sosial melalui penginputan yang sudah diatur oleh juknisnya sehingga masyarakat merasa aman apabila sewaktu waktu akan berobat kerumah sakit, Tutupnya.

Selaku Kepala Pemerintah kecamatan Parigi Barat (Camat) idham Karanja menyampaikan secara garis besar angka stunting diwilayah kecamatan Parigi Barat telah berhasil ditekan, namun untuk keseluruhan pelayanan kesehatan dimasyarakat juga menjadi prioritas utama, dan tanggung jawab tersebut bukan hanya ada dipihak Pemerintah kecamatan akan tetapi juga di Pemerintah Desa.

Camat berharap agar kepala desa lebih serius menyikapi hasil dari pertemuan kegiatan Loka karya yang tengah dilaksanakan, menurutnya dalam hal pelayanan kesehatan didesa tentunya pucuk tanggung jawab untuk menyelesaikan kesehatan dimasyarakat adalah kepala Desa, meskipun adanya keberadaan bidan desa akan tetapi kepala desa juga mengetahui perkembangan pelayanan kesehatan yang ada didesa.

Selain itu tambahnya mengatakan hal lain yang perlu dicegah adalah menekan angka terjadinya pernikahan dini didesa desa, hal tersebut juga menjadi komitmen bersama antara pemerintah kabupaten sampai tingkat desa bekerja sama dalam mengatasi setiap permasalahan dimasyarakat, tidak dalam hal penyelesaian dibidang kesehatan melainkan keseluruhan yang menjadi tindak lanjut perintah dari pemerintah Pusat.

Turut hadir dalam kegiatan Loka karya camat sekdis kesehatan, kabid akuntansi BPKAD, Kepala Puskesmas Parigi Barat, kades se kecamatan parigi Barat, UPTD dinas kesehatan, UPTD dikjar dan seluruh tokoh masyarakat sekecamatan parigi barat.

Sub. Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here