Kegiatan Talkshow Durian Indonesia untuk Dunia, Mewakili Pemda Parimo, Ketua TP PKK kab. Parimo Dra. Hj. Noor Wachida Prihatin S. Tombolotutu selaku Ketua panitia sekaligus Narasumber Foto : Prokopim

Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Parigi Moutong Dalam kesiapan pelaksanaan Festival Durian, telah mendapatkan Respon serta dukungan Positif oleh Seluruh Pihak di Kementrian dan juga kalangan Pecinta Durian tanah air, terkait Pengembangan ekspor Durian Parimo Kedepanya.

Keunggulan Beberapa jenis maupun Ciri Khas Durian diParimo ini juga telah sukses ditayangkan melalui Launching Pemutaran Film Dokumenter dengan Mengangkat Tema “Durian Indonesia Untuk Dunia” yang diProduksi oleh team Durian traveler Jakarta bekerja sama dengan Pemda Parimo yang dipimpin oleh Ketua Tim Penggerak PKK kabupaten Parigi Moutong Dra. Hj. Noor Wachida Prihartini S. Tombolotutu.

Selain Launching Film Dokumenter juga dilaksanakan Talk Show ekspor Durian Indonesia yang dihadiri beberapa narasumber antara lain, ketua Tim Penggerak PKK Parigi Moutong, Dra. Hj. Noor Wachida Prihartini S. Tombolotutu, selaku panitia pelaksana, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN), Didi Sumedi, Dir. Pengembangan Ekspor Produk Primer Ditjen PEN, Merry Maryati, Dirjen Hortikultura kementerian pertanian RI, Prihasto Setyanto, Direktur buah  dan florikutura  kementeria pertanian RI, Dr. Liferdi, SP, M.Si, serta menghadirkan akademisi Kepala UPT pengembangan konservasi UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG, Prof.DR.Ir. Amin Retnoningsih,M.si, dan dihadiri puluhan Vloger, pecinta Durian diindonesia serta beberapa artis tanah air seperti Paula Verhoeven dan juga Asri Lewas.

Kegiatan itu dipusatkan Di Outdoor Area Durian Store Bintaro, Jl. Elang Dalam, No. 1 Senayan, Bintaro Sektor 9 PD Pucung, Kecamatan PD Aren, kota Tanggerang Selatan, Sabtu (8/4/2023).

Selaku Ketua Panitia Pelaksana Festival Durian diParigi Moutong, Noor Wachida mengatakan, dengan keunggulan Durian yang kita miliki, diantaranya seperti Durian Montong, Musang king, Black Trown, Matahari, Super tembaga, Bawor, Petruk dan Durian Lokal Raja. Durian tersebut merupakan ciri khas atau Durian keunggulan yang di miliki Parigi Moutong.

Noor Wachida berharap dengan adanya talkshow yang diselenggarakan, nilai Rasa Durian Parimo bisa terekspor tidak hanya dikenal di Indonesia melainkan sampai ke Dunia.

Didi Sumedi selaku Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Menambahkan dirinya berharap selain fokus di penjualan buah segar harus dipikirkan juga untuk produksi turunannya, seperti prodak prodak olahan durian misalnya kripik, selai, dan lain lainya.

Sejumlah Pimpinan OPD Pemerintah Daerah Kab. Parigi Moutong juga Turut Hadir di kegiatan tersebut, diantaranya PLT kadis pertanian, kadis perindustrian dan perdagangan , kadis koperasi dan UMKM, anggota DPRD kab.parigi Moutong, sekretaris dinas pariwisata dan Kabag prokopim.

Sub. Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here