Bupati Samsurizal Tombolotutu saat memberikan arahan kepada kepala OPD dan juga kepada pimpinan Perbankan pada rapat yang dipimpinnya dalam rangka mengantisipasi Tengkulak di Parigi Moutong didampingi Kadis Perindag, Yasir (kanan). Foto: Prokopim/Azwar

Untuk memberikan kesejahteraan dan produktifitas Usaha para petani kecil diWilayah Parigi Moutong, Bupati Samsurizal Minta Dinas terkait serta Perbankan Segera mediasi Masyarakat Petani Kecil dalam mengembangkan usahanya.

Hal itu disampaikan dalam Rapat yang dipimpinya bersama sejumlah kepala OPD dan Pimpinan Perbankan diparimo, kegiatan tersebut dilaksanakan diRumah Jabatan Bupati (Rujab), Kamis (30/3/2023).

Bupati Samsurizal mengatakan, evaluasi dan laporan masyarakat Petani Kecil saat ini tengah kesusahan dalam mengembangkan usahanya yang disebabkan oleh para Tengkulak (Pedagang Perantara) dalam mempermainkan harga jual beli diPasaran.

“Ulah tengkulak tidak bisa dibiarkan karena mereka membeli langsung dengan harga murah pada para petani, setelah itu mereka jual dengan harga yang jauh berbeda, dengan tingkat harga jual pasaran yang bisa saja sampai mendapatkan keuntungan dua kali lipat,” ujarnya.

“Jelas ini sangat memberi dampak atas penghasilan para petani kecil,” tambahnya.

Olehnya, Bupati juga mengerahkan kepada Kepala OPD terkait dan juga pihak Perbankan agar secepatnya mengambil tindakan dalam hal mensosialisasikan kepada masyarakat Petani. Kepala OPD dapat membantu para Petani terkait dengan pengurusan Administrasinya sehingga mempermudah Perbankan dalam memberikan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada para Petani.

“Melalui KUR yang ditawarkan dari pihak Perbankan dapat membantu Petani khususnya terhadap Petani Kecil untuk mengembangkan usahanya,” tandasnya.

Sub. Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here