Wakil Bupati Parimo Badrun Nggai, SE Terima Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) award dari Menkes RI Budi Gunadi Sadikin Foto :BPJS Kesehatan

Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong ( Parimo) Terima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) award dari Pihak BPJS Kesehatan bertempat Balai Sudirman Jakarta Selasa (15/03/2023).

Pemberian penghargaan UHC, diberikan langsung oleh Wakil Presiden (Wapres), Ma’ruf Amin Melalui Menkes RI Budi Gunadi Sadikin kepada Wakil Bupati Parigi Moutong, H. Badrun Nggai, SE .

Foto Wakil Bupati Parimo Badrun Nggai bersama Kepala BPJS Kesehatan Parigi

Diberikan penghargaan tersebut karena Pemkab Kabupaten Parigi Moutong dengan jumlah peserta terdaftar sebesar 99,77% persen atau sebanyak 451.462 jiwa dari total jumlah penduduk untuk mendapatkan jaminan kesehatan melalui program JKN-KIS.

Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ali Ghufron Mukti menyampaikan, penyelenggaraan program JKN tidak hanya mendukung Visi Misi Presiden tahun 2020-2024 tetapi juga mendukung target RPJMN tahun 2020-2024, yaitu target 98 persen penduduk Indonesia mendapatkan perlindungan sosial atau Universal Health Coverage (UHC).

“Kami menyadari bahwa upaya untuk mencapai target UHC tidak sekadar tercapainya angka kepesertaan sesuai target. Lebih dari itu, tercapainya predikat UHC juga harus menjamin bahwa setiap penduduk memiliki akses terhadap layanan kesehatan yang adil, merata dan bermutu, baik itu layanan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif,”tutur Ali Ghufron.

Jelasnya mengatakan, jajaran Pemerintah Daerah yang sampai dengan 1 Maret 2023, sebanyak 22 Provinsi dan 334 Kabupaten/Kota di Indonesia telah melakukan berbagai upaya optimal sehingga lebih dari 95 persen penduduknya telah terjamin pembiayaan kesehatannya melalui skema Program JKN.

harapnya Pemerintah Daerah yang telah mencapai predikat UHC dapat terus mempertahankan predikat UHC yang diraih dan memastikan kepesertaan JKN aktif bagi masyarakat sehingga perlindungan jaminan kesehatan bagi penduduk dapat terlaksana dengan baik.

Menurutnya, Capaian predikat UHC tersebut juga dapat mendorong Pemerintah Daerah lainnya untuk semakin meningkatkan jumlah kepesertaan dalam rangka memberikan perlindungan jaminan kesehatan melalui JKN di wilayah masing-masing,” tutupnya.

Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin juga mengapresiasi komitmen Pemda khususnya dalam melaksanakan Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

“Sampai dengan 1 Maret 2023 jumlah penduduk Indonesia yang sudah dijamin akses layanan kesehatan melalui Program JKN-KIS sebanyak 252,1 juta jiwa atau lebih dari 90% dari seluruh penduduk Indonesia,” ujar Wapres RI Ma’ruf Amin

Wakil Bupati Kabupaten Parigi Moutong , H. Badrun Nggai, SE usai menerima penghargaan itu menyampaikan, pihaknya akan terus berkomitmen untuk meningkatkan akses layanan kesehatan masyarakat di Kabupaten Parigi Moutong.

Sumber : BPJS Kesehatan
Editor :
Sub. Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here