Wakil Bupati Parigi Moutong Badrun Nggai, SE Foto : Prokopim/aldi

Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Parigi Moutong (Kab. Parimo) Badrun Nggai, SE, Resmikan kandang komunal peternakan sapi pada kelompok ternak manunggal jaya. Bertempat diDesa Tinombala Jaya, Kecamatan Ongka Malino, kabupaten Parigi Moutong, Selasa (21/2/2023).

Keberadaan pembangunan kandang komunal Sapi kepada kelompok ternak manunggal jaya,merupakan bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) dalam rangka peningkatan perekonomian daerah melalui pengembangan pertanian terintegrasi dan pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Dalam sambutannya Wabup Badrun Nggai mengatakan, hal ini tentunya dapat memberikan peluang bagi kelompok ternak Manunggal Jaya dalam meningkatkan produktivitas dan perkembangbiakan ternak.

“Dengan keaktifan kelompok ternak ini, bisa menjadi salah satu tolak ukur untuk melihat sejauh mana perkembangan industri pertanian, khususnya diSub sektor Peternakan Desa ini,” Katanya.

Olehnya, pembangunan kandang ini bisa di manfaatkan dengan baik, serta melakukan pembersihan Kandang secara rutin, sehingga nantinya menghasilkan peningkatan populasi, produksi, dan mutu genetik ternak yang berkualitas.

“Kepada seluruh masyarakat Tinombala Jaya, agar selalu berkoordinasi dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, guna untuk menjaga kelangsungan hidup ternak untuk tetap terjaga kebersihan maupun kesehatan nya,” Imbuhnya.

Selain itu, Wabup juga menghimbau kepada masyarakat kecamatan Ongka Malino agar lebih memperhatikan adanya stunting, Mengingat masalah stunting sudah menjadi perhatian serius.

“Dalam upaya pencapaian target penurunan stunting tahun 2023 sejauh ini pemda sudah melaksanakan pendataan stunting, melakukan intervensi spesifik dan sensitive terhadap sasaran stunting, memberikan pembetukan serta penguatan PIK- R di sekolah SMP maupun SMA serta melakukan monitoring dan evaluasi kerja,” Tandasnya.

Usai memberikan sambutan, Wabup Badrun Nggai, di dampingi Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulteng Miko Bayu Aji, melakukan pengguntingan Pita Kandang Sapi Kelompok Ternak Manunggal Jaya.

Sub. Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here