Asisten Perekonomian dan Pembanguanan Ir. Leweis. Foto : Prokopim/Steven

Mewakili Bupati dan Wakil Bupati Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Kabupaten Parigi Moutong (Kab. Parimo), Ir. Lewis, mengatakan, Event Turnament Boat and Boat Paddle atau lomba perahu dayung dan mesin Katinting ini di selenggarakan oleh Komunitas Prapatan Kelurahan Maesa, Dalam rangka melestarikan Kearifan lokal sehingga kedepannya juga diharapkan mampu menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk mengunjungi daerah ini.

Sambutan bupati yang dibacakan Lewis pada kegiatan tersebut, mengatakan, bahwa event yang digelar diharapkan  dapat menjadi kebanggaan masyarakat Kab. Parimo, sehingga menjadi salah satu wadah untuk penjaringan atlit dayung professional untuk dapat mengangkat nama daerah ini baik di tingkat ProvinsI maupun nasional.

“Saya berharap lomba dayung perahu dan perahu katinting ini dapat dimasukkan dalam kalender kegiatan Daerah yang pelaksanaannya digelar setiap tahun dan berjenjang di tiap kecamatan agar cabang olahraga ini dapat berkembang dengan menciptakan bibit – bibit atlit berbakat yang dikemudian hari dapat mengangkat nama daerah ini baik di tingkat ProvinsI maupun nasional, serta menjadikan salah satu daya tarik tersendiri bagi daerah ini untuk dijadikan destinasi wisata olahraga oleh para wisatawan,” ujar Lewis  saat membuka secara resmi Turnament Boat and Boat Paddle diPantai Maesa, Keluran Maesa, Kecamatan Parigi, Kamis (27/10/2022).

Sementara itu ketua Panitia Kegiatan Jumhar H. Jurahim mengatakan, kegiatan ini terbagi dari dua kategori yaitu Perahu dayung dan Perahu Mesin Katinting dengan jumlah peserta sebanyak 48 Peserta yang di bagi dalam dua kategori yaitu Kategori Perahu dayung dan Perahu Katinting.

Event yang dilaksanakan selama 4 hari ini dengan mengambil start dari Dermaga Mertasari dan Finish di Spot Enjer depan Pelabuhan Parigi, dan merupakan event perdana di tahun 2022 sebagai moment menyambut hari Sumpah Pemuda.

“Niat kami menggelar event ini ialah untuk menjalin hubungan silaturahmi antar nelayan se-kabupaten Parigi Moutong dan sekaligus pencarian bibit – bibit atlet dari cabang olahraga dayung,” ucap Jumhar.

Dalam kesempatan yang sama Ketua KONI Parigi Moutong Faidzan Badja sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Prapatan Maesa, sebab dengan kegiatan ini kelak dapat melahirkan atlet-atlet dayung Profesional.

“Kepada para Juri dan panitia serta Peserta agar tetap menjunjung tinggi nilai – nilai sportivitas selama pelaksanaan lomba, kegiatan ini juga sebagai hiburan bagi masyarakat olehnya mari sama sama kita dukung kelancaran pelaksanaan kegiatan ini,” tandasnya.

Sub Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here