Pemda Parimo Ikut Serta Memeriahkan Pembukaan Ceremonial Festival Mora’a diKab. Tojo Una-Una. Foto : Prokopim/Steven

Mewakili Bupati dan Wakil Bupati Parigi Moutong (Parimo), Sekertaris Daerah (Sekda) hadiri Pembukaan Ceremoni festival Budaya Mora’a yang dipusatkan dilapangan Molibu Desa Uwekuli Kabupaten Tojo Una Una, sabtu (22/10/2022).

Dalam rangka memeriahkan kegiatan tersebut, Pemda Parimo melalui Sekda Zulfinasran, S.STP, M.A.P, juga bersama sejumlah pejabat Pemda Kabupaten Parimo lainnya dampingi Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), yang dalam hal ini, di wakili oleh Kepala Dinas pendidikan dan kebudayaan Provinsi Sulteng Yudiawati V. Windarusliana, SKM. M.Kes, menyempatkan berkunjung di salah satu stand pameran Pemda Parimo.

Sambutan Gubernur Provinsi Sulteng, yang di bacakan Yudiawati, menyampaikan, Dalam rangka merawat dan melestarikan seni budaya dan kearifan lokal dimasyarakat melalui Pekan Budaya ini juga dilaksanakan sebagai Ajang kelestarian wisata dan kepariwisataan daerah berbasis kearifan lokal yang ada disulawesi tengah.

Menurutnya, pekan budaya ini disamping Sebagai magnet untuk meningkatkan pengunjung wisatawan dari dalam negeri maupun manca negara, tetapi kita juga Berharap kegiatan festival budaya ini bisa merata dilaksanakan oleh kabupaten lainnya, untuk menjadi trend budaya dimasing masing daerah sebagai identitas daerah masing-masing.” Ucapnya.

Yudiawati juga membeberkan, Festival Budaya ini adalah salah satu sarana komunikasi penting Sebagai media pelestarian budaya juga sebagai warisan budaya daerah Sulteng yang diakui sampai ditingkat Nasional. Kegiatan tersebut diawali dengan Devile kontingen 9 kabupaten/Kota diantaranya Kab.Parimo, Tojo Una-Una, Toli-Toli, Morowali, Morowali Utara, Donggala, Sigi, Banggai, dan Kota Palu.

“Kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan Ceremoni semata akan tetapi bertujuan untuk berkolaborasi bersama menyampaikan pesan pesan moral dengan mengangkat kearifan Lokal budaya daerah dan juga kehidupan bermasyarakat, serta Mendorong partisipasi pembangunan didaerah.” Ungkapnya.

Sambutan selamat datang yang disampaikan Bupati Tojo una una mohammad lahay, SE. MM mengatakan, sangat mengapresiasi atas kehadiran tamu pejabat di sejumlah daerah baik dalam daerah maupun luar daerah wilayah Provinsi Sulteng yang hadiri langsung pada kegiatan Pekan Budaya ini.

“Saya berharap peserta kontingen yang ada juga bisa menyempatkan waktu untuk menikmati wisata yang ada di Tojo una una.” Ucapnya.

Lanjut Lahay mengatakan, dengan adanya kegiatan ini, dapat juga mendorong kebudayaan serta kearifan lokal yang bisa di lihat oleh masyarakat luar dan juga menjadi salah satu pusat wisata provinsi Sulteng sebagai warisan Nasional.

“Melalui kearifan lokal Budaya yang ada ditojo una una dan juga di masing-masing Kabupaten, semoga bisa mendorong kebudayaan diProvinsi Sulteng, dan menjadikan budaya serta kepariwisataan sebagai warisan Nasional yang di miliki setiap daerah.” Tandasnya.

Sub Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here