Sambutan Wakil Bupati Parigi Moutong Badrun Nggai, SE dihari Puncak Peringatan HUT ke 21 kabupaten Parigi Moutong Foto :Prokopim/ Steven

Wakil Bupati Parigi Moutong Badrun Nggai bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten yang ke 21 tahun, kegiatan Itu dilaksanakan dihalaman Kantor Bupati Senin (10/4/2023).

Pada Peringatan Hut ke 21 Parigi Moutong juga ditandai dengan pencanangan penanaman pohon Durian secara Simbolis dilokasi halaman Kantor Bupati oleh Sejumlah Pimpinan Pejabat Forkopimda serta kepala BUMN, Diantaranya Bupati Parimo Samsurizal,Wakil Bupati Badrun Nggai,WakaPolres,Perwira Penghubung TNI 1306 palu, Kajari, Ketua TP PKK Noorwachida dan Bupati Parimo Periode 2003 – 2011 Drs.H.Longki Djanggola,M.Si.

Wakil Bupati Badrun Nggai saat Sambutanya mengatakan diHut ke 21 berbagai penghargaan yang telah diraih oleh daerah diantaranya adalah kabupaten parigi moutong mendapatkan predikat opini wajar tanpa pengecualian (wtp) dari badan pemeriksa keuangan (bpk) provinsi sulawesi tengah sebanyak empat kali berturut-turut mulai dari tahun 2018, 2019, 2000 dan tahun 2021.

“saya berharap semoga opini tersebut dapat kita jaga dan pertahankan untuk penyajian laporan keuangan ditahun-tahun berikutnya.”Ucapnya.

Selain Itu disektor kesehatan Kabupaten Parigi Moutong dalam rangka  Penurunan angka Stunting telah berhasil ditekan dari tahun ke tahun sehingga di tahun 2022, pemerintah kabupaten parigi moutong telah menerima penghargaan dari kementerian dalam negeri karena dinilai berkinerja baik dalam menjalankan delapan aksi konvergensi penanganan stunting.

untuk sektor pendidikan Kata Wabup meskipun masih banyak kendala serta masalah ditemukan dalam hal pemerataan pendidikan bagi masyarakat utamanya bagi mereka yang berada di daerah pelosok. dinas pendidikan dan kebudayaan telah meningkatkan upaya kualitas pendidikan daerah, memeratakan mutu pendidikan dan pengembangan kebudayaan.

Menurut Wabup badrun Soal Pendidikan Pemerintah Daerah masi perlu adanya perbaikan tata kelola organisasi agar dapat memberikan dukungan yang optimal bagi pencapaian target-target bidang pendidikan yang tertuang dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD).”Tututnya.

Selain sektor Kesehatan dan Pendidikan, Lanjutnya mengatakan terkait pengendalian inflasi didaerah pemerintah pusat menyalurkan cadangan beras melalui badan pangan nasional kepada perusahaan umum bulog bantuan berupa 10 kg beras kepada masyarakat penerima manfaat (Kpm). Dan untuk Kab.Parimo tercatat sejumlah 411,4 ton dengan jumlah jiwa 41.140 di 23 kecamatan 278 desa dan 5 kelurahan, Kabupaten Parimo akan mendapatkan Bantuan tersebut secara bertahap.

Wabup Badrun juga Berharap bantuan Pangan tersebut dapat meredam gejolak inflasi pangan dan mengurangi beban masyarakat berpendapatan rendah di tengah momentum puasa  dan lebaran dan soal pendistribusian bantuan beras tersebut harus tepat sasaran.

Salain itu Pemerintah akan menghelat festival Durian bertaraf internasional pada tanggal 19-21 mei mendatang “saya mengharapkan dukungan dan partisipasi kita semua agar penyelenggaraan  festival durian ini dapat terselenggara dengan baik dan sukses sehingga dapat memberikan dampak yang lebih besar kepada masyarakat untuk lebih makmur dan mempercepat pertumbuhan ekonomi di kabupaten parigi moutong. Upacara peringatan Hut ke 21 ini mengusung tema *“PARIGI MOUTONG THE REGENCY OF DURIAN IN INDONESIA”.*

Sub. Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here