Kepala Dinas TPHP Sigi, Rahmat Ikbal. Foto : Prokopim.

Kabupaten Sigi Provinsi Sulawesi Tengah menjadi salah satu alternatif tuan rumah penyelenggara Hari Pangan Sedunia tingkat Nasional ke-42 tahun 2022.

Terkait hal itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Sigi, Rahmat Ikbal mengatakan belum ada persiapan yang dilakukan oleh pihaknya.

“Kalau mendengar paparan dari Pak Sekda Kabupaten Parigi Moutong saat ini sangat detail, sangat jelas,” katanya saat rapat persiapan HPS di Kgedung Polibu Kantor Gubernur Sulteng, Kamis (18/8/2022).

“Kalau Sigi dijadikan alternatif, kami benar-benar masih dalam posisi yang nol, belum ada apa-apa yang kami siapkan,” tambahnya.

Rahmat juga menjelaskan telah berkoordinasi dengan bupati terkait dipilihnya Kabupaten Sigi menjadi salah satu opsi tuan rumah penyelenggara HPS 2022.

Pada prinsipnya bupati Sigi tidak menolak, namun menurutnya, pemda Kabupaten Sigi hingga saat ini belum melakukan persiapan apapun terkait HPS.

“Beliau tidak menolak, tetapi hal-hal yang terkait dengan HPS ini kita sampaikan apa-apa yang saat ini kondisi di Kabupaten Sigi seperti apa adanya, dimana kami belum menyiapkan anggaran, dari segi aspek teknis juga kami belum mempersiapkan apa-apa terkait dengan itu,” terangnya.

Tidak hanya itu, Rahmat Ikbal juga membeberkan bahwa hingga saat ini pemda Sigi juga belum menerima satu surat resmi dari pusat maupun provinsi terkait penunjukan Kabupaten Sigi sebagai tuan rumah HPS 2022.

“Terkait informasi ini, belum ada sedikitpun satu lembar surat yang bisa dijadikan sebagai pegangan oleh pemerintah Kabupaten Sigi untuk melakukan sesuatu,” ungkapnya.

Ia menjelaskan bahwa Pemda Kabupaten Sigi selama ini tidak pernah mengusulkan menjadi tuan rumah HPS. Menurutnya pasca pelaksanaan iven tersebut di Kendari Sulawesi Tenggara pada tahun 2019 yang lalu, Pemda Kabupaten Parigi Moutong telah lebih dulu mengusulkan dan menyatakan siap untuk menjadi tuan rumah.

Untuk diketahui, Sebelumnya Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkebunan menetapkan Provinsi Sulawesi Tengah sebagai tuan rumah HPS 2022, dengan menunjuk tiga kabupaten sebagai calon lokasi acara puncak, yakni Kabupaten Sigi, Kabupaten Donggala dan Kabupaten Parigi Moutong.

Pada audiensi bersama Ditjen Perkebunan Kementan pada 1 Agustus 2022, menghasilkan beberapa keputusan, salah satunya merekomendasikan Kabupaten Parigi Moutong sebagai daerah yang paling siap menjadi tuan rumah HPS 2022.

Aldi/Tim Dokumentasi Prokopim Setda Parigi Moutong

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here