Wabkil Bupati Parigi Moutong Badrun nggai, SE, saat menyerahkan bantuan program peningkatan produktifitas beras di Balinggi.
Foto : Yusuf/Prokopim

DORONG sektor pertanian dikab. Parigi Moutong Wakil Bupati Badrun Nggai dengan resmi membuka kegiatan sekolah lapang budidaya padi metode Haston di wilayah desa Suli indah kecamatan Balinggi kab. Parigi Moutong Kamis (17/2/2022).

Acara tersebut di hadiri oleh Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Tengah Dwiyanto C Sumirat, Deputi kepala perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Tengah Viktor Arya Bekti, Kepala Dinas pertanian kab.Poso Suratno bersama kelompok tani kab.Poso. dan Kepala Dinas TPHP kab. Parigi Moutong Hadi Safwan.

Wakil Bupati Parigi Moutong Badrun Nggai dalam sambutanya mengapresiasi atas ikatan kerjasama oleh Bank Indonesia (BI) Sulawesi Tengah dalam membantu perkembangan petani diKabupaten Parigi Moutong.

Jelas wabup dalam sambutanya, Bank Indonesia (BI) Sulawesi Tengah telah banyak memberikan sumbangsih serta dorongan terhadap majunya sektor pertanian diantaranya dengan membuka sekolah lapang budidaya padi metode haston yang dipusatkan didesa Suli indah.

Khususnya dinas Pertanian kabupaten Poso bersama kelompok tani, atas nama pemerintah daerah Parigi Moutong saya sangat mengapresiasi atas kehadirannya serta bersedia diri untuk belajar dalam budidaya padi metode haston ini.

“Semoga ilmu yang didapatkan bisa diimplementasikan untuk lebih meningkatkan hasil padinya diwilayahnya, khususnya masyarakat tani yang ada dikabupaten Poso. ungkap Wabup.

Wabup juga berharap kepada ketua kolompok tani yang ada di parigi Moutong juga bisa meningkatkan hasil produksi padinya dengan adanya sekolah lapang budidaya padi metode haston ini

Sementara itu Kepala Dinas pertanian kab. Poso Suratno mengatakan bahwa maksud kedatangannya untuk belajar di kabupaten Parigi Moutong Khususnya pada dinas Pertanian kabupaten Parigi Moutong yaitu dengan melihat keberhasilan sistem budidaya padi metode hazton yang produktif dan sangat maju didaerah Parigi Moutong.

Kata Suratno melihat produksi hasil padi Parigi Moutong sangatlah maju dan Prigi Moutong bisa menghasilkan mulai 7 ton sampai 9 ton sedangkan kabupaten Poso selama ini hanya 5,7 ton, ini menjadi perbedaan bahwa kemajuan di sektor tani Parigi Moutong sangatlah produktif.”imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Tengah Dwiyanto C Sumirat mengatakan Sekolah Lapang Parigi Moutong tahun 2022 adalah merupakan tindak lanjut dari kegiatan sebelumnya yakni Forum Tani yang telah dilakukan pada tahun 2021 dan juga identifikasi yang telah Bank Indonesia lakukan kepada kelompok tani khususnya daerah parigi Moutong.

Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Tengah telah memfasilitasi koordinasi antara Pemerintah Daerah, OPD dan Instansi terkait serta para petani melalui Forum Tani yang telah dilakukan di tahun 2021.

Untuk Meningkatkan Produktivitas Pertanian Padi Dengan Penerapan Metode Hazton Alhamdulillah kontribusi Bank Indonesia terealiasasi.”Ucapnya.

Dalam upaya peningkatan produktivitas pertanian padi telah terealisasi dalam bentuk Surat Edaran Bupati Nomor 521.21/643/Dinas TPHP perihal Penerapan dan Replikasi Teknik Budidaya Padi Metode Hazton di Kabupaten Parigi Moutong.”Jelasnya.

Kehadiran kelompok tani yang berasal dari Kabupaten Poso sebagai upaya memperkuat komunikasi antar petani dan juga mendorong implementasi metode tanam hazton yang telah dimodifikasi yang terbukti dapat meningkatkan produktivitas pertanian khususnya di Kelompok Dewi Kunti ataupun kelompok tani di Desa Suli Indah.”tutupnya.

Dalam kesempat itu juga wakil Bupati Badrun Nggai bersama kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Tengah Dwiyanto C Sumirat menyerahkan bantuan kepda kelompok tani Oriza Tani desa Torue kecamatan Torue dan kelompok Tani Dewi Drupadi desa Suli Indah kecamatan Balinggi.

Yusup
Tim Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim Pemda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here