Rombongan Pemkab Soppeng Silaturahmi ke Rujab Setda Parigi Moutong
Rombongan Pemkab Soppeng Silaturahmi ke Rujab Setda Parigi Moutong Foto : Prokopim Parimo

Parigi, 15/10/2023 ___ Bupati Soppeng H. Andi Kaswadi Razak, SE didampingi Wakil bupati Ir H. Lutfi Halide MP, Ketua DPP KKS pusat Burhanuddin Andi, Ketua DPW KKS Palu H. Burhan Beserta beberapa kepala OPD lingkup Pemda Soppeng silaturahmi ke Rujab Sekretaris Daerah Kabupaten Parigi Moutong Zulfinasran, S.STP, M.A.P.

Dalam silatirahmi tersebut terungkap bahwa kunjungan Bupati Soppeng beserta rombongan ke Kabupaten Durian tersebut ialah dalam rangka pelantikan sekaligus pengukuhan pengurus dewan pimpinan Daerah kerukunan keluarga Soppeng kabupaten Parigi Moutong yang rencananya akan dilaksanakan tanggal 16 Oktober di auditorium kantor bupati.

Dalam sambutannya Ketua DPP Kerukunan Keluarga Soppeng pusat Burhanuddin Andi mengajak seluruh masyarakat atau warga soppeng yang ada di Kabupaten Parigi Moutong untuk menanamkan rasa cinta dan kebanggaan sebagai warga soppeng di perantauan, rasa cinta dan kebanggaan ini menurutnya dapat diwujudkan dengan menjaga silaturahmi dan saling membantu antar warga soppeng di perantauan dan masyarakat asli di kabupaten Parigi Moutong, ia juga memberikan motivasi agar masyarakat soppeng yang ada di Kabupaten Parigi Moutong agar bisa sukses dan maju di berbagai bidang serta membantu program – program pemerintah daerah di Kabupaten Parigi Moutong.

Dalam kesempatan tersebut ia juga mengungkapkan bahwa soppeng merupakan salah satu kabupaten yang mengekspor durian dari kabupaten Parigi Moutong “ durian dari parigi yang terkenal akan kelezatannya kami impor ke daerah kami untuk kemudian kami olah dan selanjutnya kami ekspor ke luar negeri, kenapa durian parigi moutng kami pilih, karena durian dari daerah ini memiliki citarasa tersendiri dan banyak peminatnya “ kata Burhanudin Andi

Terkait pelantikan dan pengukuhan KKS Kabupaten Parigi Moutong ia mengatakan bahwa Kabupaten Parigi Moutong merupakan Kabupaten ke 50 yang sudah mendeklarasikan berdirinya KKS, lanjut Burhanudin pihaknya selaku Ketua KKS Pusat rencananya masih akan melantik pengurus KKS di 25 Kabupaten

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Parigi Moutong Zulfinasran, S.STP, M.A.P yang mewakili Pj. Bupati saat menyambut rombongan pemkab Soppeng tersebut mengungkapkan bahwa Parigi Moutong saat ini telah dicanangkan menjadi Kabupaten Durian dan merupakan satu satunya kabupaten durian di Indonesia, pencanangan Kabupaten Durian tersebut dilaksanakan saat pelaksanaan Festival Durian beberapa waktu lalu oleh Bupati Samsurizal Tombolotutu di Pantai Mosing.

Dari luas 15 ribu hektar perkebunan durian produksi pertahunnya mencapai 318 ribu ton “ demi terus mengembangkan Produksi Durian ini beberapa waktu lalu kami sudah menjalin kerjasama dengan pihak IPB dan ahli durian untuk melakukan rekayasa durian sehingga bagaimana 1 tahun durian ini bisa dipanen sebanyak 2 kali sehingga “ kata Zulfinasran.

Turut hadir dalam silaturahmi tersebut ketua Ketua Kerukunan Sulawesi Selatan (KKSS) Kabupaten Parigi Moutong H. Ardi Kadir, warga Soppeng yang ada di kabupaten Parigi Moutong serta sejumlah kepala OPD lingkup Pemda Parigi Moutong

 

Sub. Dokumentasi Pimpinan Bagian  Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here