Rakoor Program Percepatan Pengentasan Kemiskinan, pemda Bersama Polres Parimo Bangun sinergitas Foto : Prokopim Parimo

Pemerintah bersama Polres Parimo padukan Upaya kerjasama dalam program misi kemanusiaan dengan menggelar Rapat Koordinasi (Rakoor) percepatan pengentasan kemiskinan secara menyeluruh didaerah parimo. Kegiatan tersebut resmi dibuka Bupati Parimo diwakili kepala dinas pemberdayaan masyarakat dan desa (PMD) Bertempat Aula Pesat Gatra Polres Parigi Moutong Sabtu 02/09/2023.

Pimpinan Penjabat turut hadir dalam Rakoor yang digelar diantaranya Bupati Parimo Samsurizal Tombolotutu, Kapolres Parimo Jovan Sumual, dan sejumlah pemangku dijajaran OPD Pemerintah Daerah serta anggota Polres Parimo.

Sebelumnya program pengentasan Kemiskinan telah dijalankan masing masing oleh Pemerintah Daerah juga Polres Parimo, namun melalui digelarnya Rakoor tersebut selain tujuan pelaksanaan kegiatan nantinya berjalan maksimal juga membangun kesamaan persepsi dan pemahaman terhadap pelaksanaan verifikasi dan validasi DTKS antara pemerintah Pusat, provinsi dan kabupaten hal tersebut agar penyelenggaraan program bantuan sosial, pemberdayaan sosial, rehabilitasi sosial sehingga lebih tepat sasaran.

Mewakili Bupati Armin selaku kepala dinas pemberdayaan masyarakat dan desa (PMD) mengatakan DTKS merupakan data utama, yang menjadi rujukan dalam menjalankan program kegiatan bantuan sosial oleh pemerintah pusat dan daerah.

Armin menuturkan belum sepenuhnya dilakukan update data, sehingga dalam pemberian bantuan sosial selalu menimbulkan kesenjangan di tengah masyarakat.

“Saya berharap, input dari kegiatan yang dilaksanakan ini tersedianya data yang akurat sebagai rujukan dalam perencanaan program penanganan kemiskinan dan terciptanya komitmen untuk menjamin pelaksanaan verifikasi dan validasi data terpadu secara berkala untuk perbaikan sasaran penerima program penanganan bantuan sehingga lebih efektif dan tepat sasaran, “ucapnya.

Armin menuturkan pemutakhiran DTKS sangat penting dalam upaya meningkatkan pelayanan kesejahteraan sosial bagi warga miskin dan Masyarakat kurang mampu, selain itu juga mendukung program-program penanggulangan kemiskinan.

Disisi lain Pemda Parimo juga telah banyak berbenah dibawah Kepemimpinan Bupati Samsurizal tercatat hampir disegala lini dan sektor pelayanan dasar telah mengalami kemajuan yang pesat dengan mengedepankan orientasi pelayanan terhadap publik secara efisien dinamis dan inovatif, antara lain penyelenggaraan infrastruktur kesehatan, jaminan sosial kesehatan dan pemenuhan gizi masyarakat.

Selain itu juga menekan prevalensi stunting dan perbaikan sanitasi serta kesehatan lingkungan, penyelenggaraan pendidikan kualitas mutu pendidikan sarana prasarana, kualitas dan formasi tenaga kependidikan guru serta program wajib belajar 9 tahun berhasil dilaksanakan, Aspek ekonomi juga terlihat begitu pesat kemajuannya terbukanya peluang investasi baik dari sektor Pertanian, perkebunan, dan perikanan. tentunya hal ini tidak terlepas dari dukungan seluruh lapisan masyarakat dan pemangku kebijakan yang ada.

Dalam kesempatan yang sama Kapolres Parimo Jovan Sumual, Dalam sambutannya menyatakan, Polri berkomitmen akan mengedepankan fungsi pelayanannya terhadap Masyarakat dengan selalu membangun komunikasi yang baik kepada pemerintah daerah baik tingkat kabupaten kecamatan sampai level desa, dengan pengawasan dan kinerja yang terukur serta terstruktur.

“saya instruksikan kepada seluruh kapolsek bhabinkantibmas agar selalu pro aktif dilapangan bersama TKSK (Tenaga kesejahteraan sosial kemasyarakatan) untuk membantu seluruh tugas dan tanggung jawab terhadap permasalahan sosial dimasyarakat dan memastikan kehadiran Anggota dilapangan sebagai Mitra Pemerintah, junjung tinggi integritas dan citra POLRI PRESISI (prediktif, responsibilitas dan transparansi berkeadilan), “Tandasnya.

kapolres berpesan kepada seluruh Babinkamtibtas agar dilapangan memberikan pelayanan proiritas kepada penyandang disabilitas , baik administrasi dan program-program lainya.

Sebelum mengakhiri sambutannya Kapolres memberikan Apresiasi kepada Pemda Parimo atas sinergitas yang telah dibangun selama ini mewakili institusi POLRI, “Tutupnya.

Sub. Dokumentasi Pimpinan Bagian Ptokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here