Asiaten Bidang administrasi Umum Aswini Dimple Resmi Membuka Sosialisasi Budaya Baca dan Listerasi pada Masyarakat Foto : Prokopim Parimo

Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusaka) Provinsi Sulteng Menggelar kegiatan Sosialisasi Budaya Baca dan Listerasi pada Masyarakat (Aparatur Desa) di Kabupaten Parigi Moutong (Parimo).

Sosialisasi tersebut resmi dibuka oleh Pelaksana Tugas Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Parimo, Aswini Dimple, SKM, di Aula Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Parimo, pada hari Senin (10/7/2023).

Dalam sambutan Bupati yang disampaikan Asisten III Bidang Administrasi Aswini Dimple mengatakan selaku pemerintah daerah parimo, saya sangat menyambut baik serta mengapresiasikan kepada pihak penyelengara dalam hal ini Pemerintah Provinsi Sulteng melalui Dispusaka Provinsi Sulteng atas terlaksananya kegiatan sosialisasi ini, sebab menurutnya, dengan membaca masih menjadi salah satu alternative terbaik untuk menambah ilmu pengetahuan, Untuk itu kegemaran membaca haruslah ditumbuh kembangkan dalam diri kita.

Hal yang dapat menumbuh kembangkan kecintaan dan kegemaran dalam membaca di mulai dari lingkungan terkecil yaitu keluarga.

Selanjutnya, kita ketahui bersama listerasi adalah kemampuan hidup (Life Skill) yang merupakan kebutuhan hidup masyarkat maju, tentunya tingginya tingkat listerasi dimasyarakat akan menjadikan seseorang tersebut mampu melakukan fusngsi – fungsinya didalam kehidupan. hal itu terlihat dari kemampuan seseorang dalam berbicara, untuk itu kemampuan listerasi sangatlah penting menjadi bekal seseorang di dalam wadah masyarakat.

Melihat pentingnya kegiatan ini, untuk itu saya berpesan kepada seluruh peserta sosialisasi agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik – baiknya, pahami setiap materi yang di sampaikan pemateri. Jika ada yang kurang di pahami jangan sungkan untuk bertanya. Semoga kegiatan ini nantinya juga dapat menghasilkan output yang maksimal bagi peserta, Sehingga kita bisa memahami dan mengetahui pentinta meningkatkan budaya baca dan listerasi pada masyarakat.

Sementara itu, dalam sambutan Kepala Dispusaka Sulteng, Dr. I Nyoman Sriadijaya, mengungkapkan bahwa kegiatan ini terlaksana berdasarkan undang – undang nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan. Dengan tujuan agar masyarakat (Aptatur Desa) mendapatkan memahami dan mengetahui budaya baca serta mendapatkan informasi yang lebih baik mengenai listerasi di dalam masyarakat.

Sosialisasi yang di digelar selama 1 (satu) hari ini, diikuti sebanyak 100 peseta terdiri dari unsur kepala desa, perangkat desa serta pengiat listerasi. Dengan terlaksananya kegiatan ini diharapkan mampu mendorong tumbuhnya budaya gemar membaca melalui pengembangan dan pendayagunaan perpustakaan di desa atau kelurahan serta mendapatkan informasi yang lebih baik mengenai listerasi di dalam masyarakat.

Turut hadir Anggota DPRD Provinsi Sulteng Komisi IV Dr. I nyoman Slamet, S.Pd, M. Si, Kepala Dispusaka Provinsi Sulteng, Dr. I Nyoman Sriadijaya, M.M, Kepala bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca MuhIdham Khalid, S. Sos, M. Ap, Plt. Kepala Dispusaka Kab. Parimo Faradilla Irianti A. Passau, S. Pd, M. Si, para kepala desa, perangkat desa dan pengiat listerasi.

Sub. Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here