Asisten II Ir. Lewis Buka Seminar Publikasi Data Komponen Inflasi Daerah Kabupaten Parigi Moutong. Foto: Prokopim

Mewakili Bupati dan Wakil Bupati, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Parigi Moutong Ir. Lewis beri sambutan skaligus membuka secara resmi seminar publikasi data komponen inflasi daerah kabupaten parigi moutong 2022 kegiatan di laksana di Aula kantor Bappelitbanggda. Jumaat (9/9/2022).

Kegiatan Seminar yang dilaksanakan merupakan kerjasama badan perencanaan pembangunan, penelitian dan pengembangan daerah (bappelitbangda) dan badan pusat statistik (bps) kabupaten parigi moutong tahun 2022.

Dalam sambutannya, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Parigi Moutong Ir. Lewis menyampaikan kegiatan tersebut dimaksudkan untuk mempublikasikan indeks harga konsumen yang terjadi di kabupaten parigi moutong.

Selain itu, ucap Lewis menyampaikan bahwa indeks ketimpangan wilayah kabupaten parigi moutong di tahun 2022 juga sebagai salah satu tolak ukur terhadap kemajuan perekonomian di daerah Kabupaten Parigi Moutong.

Kata Lewis hal ini juga dilakukan untuk mencapai target peningkatan kesejahteraan masyarakat secara merata. Jelasnya.

Tambah Lewis mengatakan, untuk Pada tingkat kesejahteraan masyarakat dapat diukur dari nilai inflasi yang berlaku di daerah tersebut, bahwa inflasi juga merupakan salah satu indikator ekonomi dalam capaian pembangunan di suatu daerah,

selain itu, indikator capaian makro pembangunan juga dapat diukur melalui indeks ketimpangan antar wilayah yang turut mewarnai dinamika pembangunan di suatu daerah”, Ucapnya.

“perlunya dilakukan penghitungan inflasi daerah dan indeks ketimpangan wilayah agar dalam proses pembangunan suatu dareah dapat terarah dan tidak ada ketimpangan disuatu wilayah nantinya”. Imbuhnya.

Lewis berharap dengan adanya kegiatan seminar yang di laksanakan tidak menjadi ketimpangan antar wilayah di kabupaten parigi moutong dan bisa bersama-sama untuk memperbaiki serta inflasi bisa kita terkendalikan dengan baik”, tutupnya.

Tutut hadir pada seminar tersebut, Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Parigi Moutong Irwan, SKM, M.Kes, kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Parigi Moutong Simon, S.Si,MM serta OPD terkait lainnya.

Sub. Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here