Bupati Parigi Moutong Samsurizal Tombolotutu saat memberikan arahan kepada peserta rapat persiapan festival durian yang berlangsung di kediaman Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Foto : Prokopim/ Steven

Direktorat Jenderal Holtikultura Kementerian Pertanian Surati Kementerian Sekretariat Negara, sebagai tindak lanjut permohonan menghadiri Festival durian tingkat internasional di Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi)

Hal ini disampaikan Bupati Samzurizal pada kegiatan rapat persiapan Festival Durian. Kegiatan itu digelar di Rumah jabatan (Rujab) Bupati Parigi Moutong, jumat 17/03/2023.

Bupati Samsurizal, meminta Laporan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang membidangi ivent Festival Durian yang telah melakukan koordinasi dan konsultasi di sejumlah Kementrian terkait.

“Saya minta seluruh OPD yang telah berkoordinasi ke Kementerian agar segera melaporkan hasilnya. Untuk tim yang yang diwakili Sekretaris Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) agar segera mengumpulkan seluruh pelaporan terkait profil dan justifikasi Kabupaten Parigi Moutong sebagai Kabupaten Durian,” ujarnya

Samsurizal mengatakan, sesuai arahan Presiden bahwa Kabupaten/kota diminta untuk memaksimalkan potensi dan keunggulan Daerah masing-masing dan menyusun Master Plan yang memiliki visi pengembangan Pertanian serta Agribisnis.

Olehnya, Samsurizal menghimbau kepada Seluruh OPD khususnya Kepada dinas terkait agar segera mematangkan persiapan sesuai petunjuk dari kementerian Pertanian yang telah melakukan identifikasi dan peninjauan langsung pada tanggal 8 dan 9 Maret.

“Dari hasil peninjauan tersebut tentunya ada sejumlah catatan maupun masukan terkait teknis kegiatan ini. Tolong hal ini disikapi dengan serius mengingat persiapan dan waktu yang ada semakin mepet (dekat), kita perlu mengambil langkah-langkah strategis guna mengejar progres yang telah ditargetkan baik dari segi infrastruktur dan pendukung lainnya sehingga dapat dipresentasikan dengan baik dan mendapat penilaian positif dari Presiden,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, Sekertaris Dinas TPHP, Nurhidayah dalam Laporannya mengatakan bahwa Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Tahun 2022, produksi Durian di Kabupten Parigi Moutong sebesar 30,542 Ton dengan luas panen 2.083 Hektare yang tersebar di enam (6) sentra yaitu Kecamatan Torue, Kasimbar, Toribulu, Tinombo Selatan, Parigi Selatan, Dan Sausu. Hal ini juga didukung dengan keadaan geografis Daerah kita yang dilalui garis Khatulistiwa yang menyebabkan durian dapat dipanen sepanjang Tahun tanpa harus menghadirkan teknologi atau rekayasa buah.

“Sedangkan panen raya berkisaran di bulan juni sampai juli, pengembangan durian varietas montong yang menjadi Icon Parigi Moutong sudah secara intensif sehingga memenuhi preferensi pasar/konsumen,” terangnya.

Nurhidayah menjelaskan, Varietas Durian yang dikembangkan di Kabupaten Parigi Moutong antara lain Durian Montong, Musang king, Durian Hitam, Matahari, Super tembaga, Bawor, Petruk dan Durian Lokal Raja. Dan jenis Durian lokal lainnya yang belum teridentifikasi jenisnya, dari sejumlah jenis diatas didukung dengan pemasaran yang cukup baik.

“Hal ini terbukti dengan kerjasama Pemerintah Daerah dan tiga Perusahaan eksportir buah antara lain dari PT. Indo Fruit, PT. Agro Semesta dan PT.Laris Manis Utama dipasarkan kesejumlah kota seperti jakarta, surabaya, kalimantan bahkan kemanca negara seperti China,” jelasnya.

“Tentunya Pemerintah Daerah membuat rangkaian acara yang akan dikerjakan dengan melibatkan lintas sektoral, serta keikutsertaan sejumlah Daerah di indonesia yang notabenenya adalah Daerah Sentra Durian dan sejumlah negara yang memiliki kesamaan potensi Durian,” pungkasnya.

Dari hasil persentase tersebut Bupati Samzurizal optimis bahwa penyelenggaraan festival ini yang bertajuk ‘Durian Parigi Moutong go internasional’ akan mendapat perhatian khusus dari Presiden dan Rakyat Kabupaten Parigi Moutong sehingga layak untuk dijadikan ivent Internasional.

Kegiatan ini juga akan dirangkaikan dengan sejumlah kegiatan antara lain pencanangan Kabupaten Parigi Moutong sebagai Kabupaten Durian, Penyerahan 1.500 sertifikat tanah kepada petani, parade/gebyar durian, bisnis matching, temu pelaku bisnis/talkshow, temu pelaku usaha, kontes durian unggulan, pameran hasil olahan durian, bazar benih durian, field trip kekebun durian serta agenda tambahan penanda tanganan kerjasama lintas Sektoral dan seluruh Stackholder yang berkaitan dengan pemasaran serta ekspor.

Sub. Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here