Asisten II Bidang Perekonomian dan pembangunan Ir. Lewis Foto : Prokopim/ajhi

Asisten II Bidang Perkonomian dan Pembangunan Ir. Lewis secara Virtual mengikuti Lokakarya Nasional Uji Publik Rancangan Peraturan Presiden bertempat ruang bupati, Kamis (23/02/2023).

Sekretaris jendral (Sekjen) kementerian dalam Negeri Dr. Drs. H. Suhajar Diantoro, M.Si. membuka secara resmi Lokakarya Nasional yang berlangaung di Hotel Pullman jln M.H. Tamrin Jakarta

digelarnya kegiatan Lokakarya Nasional dengan mengangkat tema Penguatan Pendampingan Pembangunan.

Sekjen Kemendagri Suharyo saat sambutannya menyampaikan dalam upaya untuk meningkatkan pembangunan didaerah tentunya harus mempunyai kapasitas, prakarsa, kesadaran dan partisipasi masyarakat.

Untuk peningkatan Produktifitas kata suaharso salah satu faktor penting dalam mencapai tujuan pembangunan, khususnya program-program
yang berorientasi peningkatan kualitas hidup manusia, seperti penyuluh, fasilitator, konsultan
pertanian, dan pendamping lainnya.

Ia jelaskan, untuk tugas para pendamping ini nantinya akan berkolaborasi dengan masyarakat, dan untuk mengubahnya menjadi masyarakat mandiri.

Masyarakat pembangunan tak lain adalah masyarakat mandiri, Masyarakat mandiri adalah masyarakat yang mampu mngendalikan masa depannya.”terangnya.

Oleh sebab itu, dirinya menyimpulkan bahwa pendampingan ini peranya sangatlah penting bagi kerangka regulasi sipemerintahan.

Kemenko PMK Letjen TNI (Purn) Dr. Sudirman, S.H., M.H., M.M., dalam sambutanya mengatakan
mengenai percepatan pencapaian target pembangunan yang sesuai dengan rencana pembangunan nasional, akan menjamin kualitas dan kompetensi pendamping antar program yang berkesinambungan, serta memperkuat koordinasi pendamping diseluruh Indonesia yang berasal dari lintas Kementerian dan Lembaga, Pemerintah Daerah, dan para mitranya.

Kemenko PMK dalam rancangan Perpres tentang Penguatan Pendamping Pembangunan ini sudah mendekati tahapan final, tentunya hal itu dibutuhkan masukan dari seluruh unsur pimpinan, baik itu Pemerintah Daerah, Asosiasi Kepala Desa dan lain-lain, tentang kebutuhan pendampingan sebelum pengesahan Perpres tersebut.

Sub. Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here