LKPN Prov. Sulteng Gelar Penanaman dan Panen Hasil Sorgum di Parigi Moutong Foto : Prokopim

Asisten I Bidang Pemerintahan dan kesra Drs. H. Samin latandu hadiri sekaligus beri sambutan pada acara Penanaman dan Panen Hasil uji coba Sorgum dilahan Demplot Tanaman Sorgum bertempat didesa Sigenti Barat, Kecamatan Tinombo Selatan (Timsel) Parigi Moutong (Parimo), Rabu (5/10/2022).

Mewakili Bupati Asisten I Bidang Pemerintahan dan kesra Drs.H.Samin latandu dalam  sambutannya mengatakan Kiranya ini salah satu bentuk kesyukuran bagi masyarakat serta pemda setempat bahwa wilayah desa Sigenti barat mendapat pengetahuan serta motivasi  terkait tanaman sorgum.

Ucap Samin tanaman sorgum juga merupakan tanaman sereal atau biji-bijian yang dapat tumbuh pada berbagai keadaan lingkungan sehingga potensial untuk dikembangkan saat ini di wilayah Sigenti barat.

“Saya berharap kedepannya tanaman sorgum ini dapat dibudidayakan bukan hanya didaerah sigenti barat akan tetapi penanaman biji sorgum ini bisa dapat menyeluruh keseluruh wilayah dikabupaten parigi moutong.” Harapnya.

“Tanaman sorgum juga dapat diproduksi dengan cepat dan tentunya dengan perawatan yang tidak terlalu sulit namun bisa menghasilkan hasil panen yang maksimal.”himbaunya.

Melalui sambutannya Samin juga mengajak kepada seluruh masyarakat, agar bersama-sama mebudidayakan tanaman sorgum ini dan menjadikan tanaman sorgum sebagai salah satu komoditi pangan kita selain padi dan jagung.”ujar Samin.

“Ini kesempatan yang baik yang perlu dilakukan oleh masyarakat parimo Sehingga kedepanya akan memberikan peluang besar dalam menambah penghasilannya khususnya dibidang pertanian.”

“Samin mengingatkan khususnya bagi masyarakat petani Tak luput terus berkoordinasi dan berkonsultasi dengan dengan pihak LKPN, agar para petani sorgum ini tidak mendapatkan kesalahan dalam bercocok tanam serta panen dari hasil sorgum  harus jelas dengan pemasarannya.”tutupnya.

Dra. Hj. Anneke Agustina selaku Ketua Lembaga Ketahanan Pangan Naroso (LKPN) Provinsi Sulawesi Tengah  menyampaikan bahwa Lembaga Ketahanan Pangan Naroso (LKPN) Provinsi Sulawesi Tengah adalah lembaga Independen yang bergerak dibidang ketahanan pangan, dengan bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat khususnya Sulawesi tengah serta masyarakat indonesia.

“Pihak LKPN sebagai Pelapor penggerak dibidang ketahanan pangan, selain memberdayakan masyarakat kami bekerja sama dengan pemerintah pusat serta pemerintah daerah, baik sipil maupun TNI untuk melaksanakan kemitraan terhadap kementrian bidang terkait.” Terangnya.

“Lanjut Agustina Sejalan dengan program nasional kami juga memberdayakan lahan masyarakat yang belum digarap serta mengembangkan lahan yang lebih luas untuk meningkatkan program kebun serta kebutuhan bibit untuk petani Sorgum.” Ucapnya.

LKPN juga telah melakukan sosialisasi ke Sembilan wilayah di kabupaten dan kota untuk program ketahanan pangan memperkenalkan sorgum sebagai tanaman alternative pangan.”tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Deputi Badan Ketahanan Pangan Nasional Republik Indonesia Dr. H. Anas Yalitobata, S.Sos, M.M, Ketua Lembaga Ketahanan Pangan Naroso (LKPN) Provinsi Sulawesi Tengah Dra. Hj. Anneke Agustina, Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah yang diwakili Asisten III Bidang Administrasi Umum H. Mulyono, SE., Ak. MM, Kepala Dinas Ketahan Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Ir. Hadi Safwan, Perwira Penghubung Parigi Moutong Letkol Inf. Gatot Subagya, SH,M.Sc dan Kepala Desa Sigenti Muhlis, S.Ip serta para petani di desa sigenti barat.

Sub Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here