Asisten Lewis Hadiri Dharma Santi Nyepi dan Buka Lokasabha bersama PHDI di Tolai. Foto : Steven/Prokopim

BUPATI Parigi Moutong di wakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Parigi Moutong Ir. Lewis menghadiri acara Dharma Santi Nyepi Tahun Baru Caka 1944 sekaligus membuka Lokasabha bersama Persatuan Hindu Dharma Indonesia (PHDI) dan Wanita Hindu Dharma Indonesia (WHDI) tingkat kabupaten Parigi Moutong, Sabtu 02 April 2022 bertempat di SMP/SMA Saraswati Tolai.

Acara tersebut di hadiri Wakapolres Parigi Moutong, camat Torue, kapolsek Torue, wakil ketua PHDI provinsi Sulteng, kabimas Hindu provinsi Sulteng, penyelenggara Bimbingan Masyarakat Hindu serta ketua WHDI Provinsi Sulteng.

Sambutan Bupati Parigi Moutong yang di sampaikan Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Ir. Lewis.
Atas nama pribadi, keluarga, pemerintah dan seluruh masyarakat kabupaten Parigi Moutong saya mengucapkan Selamat Hari Raya Nyepi tahun baru Caka 1944, kedepannya Umat Hindu harus lebih maju, lebih sukses demi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Parigi Moutong.

Dharma Santi merupakan rangkaian terakhir dari Perayaan Nyepi, dimana kegiatan ini merupakan suatu ajaran untuk mewujudkan kerukunan antar umat beragama dengan cara saling maaf memaafkan dengan ucapan yang suci dan tulus. Ucap Lewis.

Lanjut kata Lewis, di tahun baru Caka 1944 ini, kita lebih mempertajam pengenalan lebih jauh ke dalam diri, karena dari pengenalan diri itulah bermula suatu upaya untuk mengenal Ida Sang Hyang Widhi Wasa, dengan mengenal dan meyakini keesaan dan kekuasaan Tuhan.

Dalam melaksanakan Ibadah yang bersifat ritual, masing-masing Agama menjalankan ibadahnya dengan cara sesuai keyakinannya, dan kita harus saling menghormati keyakinan Agama lain. Sedangkan dalam ibadah yang bersifat sosial kita dapat membaur dengan Agama lain, bersama-sama membangun masyarakat, daerah dan negara kita.

“Saya yakin umat Hindu dan semua umat beragama yang lain yang ada di Parigi Moutong telah melaksanakan konsep Tri Kerukunan Umat Beragama. Ini di buktikan dengan kondusifnya situasi keamanan di kabupaten Parigi Moutong”. Ucapnya

Dikatakannya, Lokasbha merupakan musyawarah lembaga Parisada Hindu Dharma Indonesia untuk regenerasi dan menentukan program lima tahun ke depan.

Diharapkan siapa saja yang terpilih nanti sebagai ketua dan pengurus PHDI kabupaten Parigi Moutong dapat melaksanakan tugasnya dan dapat mengayomi umatnya serta memberikan pembinaan tentang keagamaan dan sosial agar semakin terciptanya hubungan yang harmonis antar umat beragama khususnya di kabupaten Parigi Moutong. Tutupnya

Steven
Tim Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here