Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Parigi Moutong, Drs. Samin Latandu saat meresmikan Tower BTS di Tinombo Selasa (15/3/2022). Foto : Susanto Saji/Prokopim

TOWER BTS yang merupakan pendukung jaringan Komunikasi 4G yang di bangun dikecamatan Tinombo
Menurut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika H. Djoni Tagunu, SE pembangunan menara tower BTS ini merupakan arahan dari Bupati Parigi Moutong dalam menunjang layanan komunikasi berbasis 4G di setiap daerah di Kabupaten Parigi Moutong.

Menurut Joni Tagunu sampai sekarang masih ada Blind Spot atau titik dimana tidak ada jangkauan jaringan internet.

“Hal inilah yang akan diantisipasi dengan dibangunnya Tower ini sehingga masyarakat mudah mengakses layanan internet dengan baik.” Ucap Joni Tagunu

Sementara itu Direktur Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Kominfo RI Hariadi S.Sos mengatakan kementerian Kominfo RI terus membangun jaringan 4g diseluruh daerah, hal ini dilakukan agar terdapat kesetaraan akses jaringan disetiap wilayah di Indonesia.

Menurutnya masih ada beberapa desa yang masih belum mendapatkan akses internet dan ini menjadi tanggung jawab dari kementerian komunikasi melalui BAKTI untuk dapat mengatasi permasalahan tersebut.

“Semoga dengan peresmian ini menjadikan wilayah Kabupaten Parigi Moutong bersiap memasuki era digital di tahun 2024 yang diamanahkan oleh pemerintah pusat melalui presiden Joko Widodo bahwa tidak ada satupun wilayah di Indonesia yang masih tertinggal dari sisi telekomunikasi ” Ucap Hariadi.

Ia juga menambahkan dalam pemeliharaan dan perawatannya pihak BAKTI mengandeng PT Fiberhome Technologies yang akan selalu memantau dan melakukan perbaikan jika suatu saat terdapat kendala dalam operasional Tower BTS tersebut.

Sementara itu Bupati Parigi Moutong yang di wakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs. Samin Latandu yang meresmikan penggunaan Tower Base Transceiver Station (BTS) 4G mengatakan pembangunan infrastruktur base transceiver station (bts) 4g infrastruktur pendukungnya tahun 2021-2022 di Kabupaten Parigi Moutong sejumlah 46 BTS untuk desa dan 4 BTS untuk central (POI), total berjumlah 50 BTS yang tersebar di 19 kecamatan dari 23 kecamatan dalam wilayah kabupaten Parigi Moutong.

Lanjut, dengan adanya pembangunan Infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) dan infrastruktur pendukung ini dapat memperluas akses layanan internet dalam mendorong peningkatan indeks pembangunan manusia di kabupaten Parigi Moutong. Tutupnya

Susanto S Saji
Tim Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim Pemda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here