Bupati Parigi Samsurizal dan Gubernur Sulteng mendampingi Menteri PUPR saat meninjau lokasi banjir bandang di Torue. Foto : Mukti/Prokopim

Bupati Parigi Moutong H.Samsurizal tombolotutu dampingi kunjungan kerja Menteri PUPR RI Basuki hadimuljono bersama Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) H. Rusdy mastura dilokasi desa torue, kecamatan Torue, kabupaten (kab) Parigi moutong (Parimo), selasa (2/8/2022).

Ada dua titik dalam kunjungan Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono dikec.Torue, dalam kunjungan awalnya menteri PUPR lakukan peninjauan pekerjaan normalisasi sungai kemudian dilanjutkan kelokasi area bendungan sesuai hasil observasi dan analisis lapangan yang sebelumnya dihimpun oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana atas dampak dan kerusakan serta faktor kunci penyebab banjir bandang, sehingga dua Kementerian terkait diharapkan mampu memulihkan situasi dan kondisi pasca banjir bandang didesa torue.

Kata Basuki untuk penanganan secara teknis Tim Kementerian PUPR menitik beratkan normalisasi sungai pengerjaan ini bertujuan mengembalikan fungsi sungai sebagai media penampungan siklus air secara ideal baik pada musim kemarau dan penghujan untuk menunjang pengerjaan ini kementerian PUPR mengerahkan penambahan 4 unit alat berat untuk fokus dilapangan target normalisasi sungai yang dimaksimalkan akan selesai dalam 3 hari kedepan.

Menurutnya ia melihat bahwa dasar sungai torue saat ini sudah hampir rata dengan tanah,” perlu untuk ditangani secara cepat dengan memaksimalkan pekerjaan 1 x 24 jam dan selalu memperhitungkan keselamatan dalam bekerja (safety), untuk bendungan juga dilakukan perbaikan secepatnya agar aliran air bisa mengairi ke area persawahan di 2200 hektar milik warga dan Khusus dipesisir pantai juga akan ditangani tanggul nya untuk menghindari abrasi”, tangkasnya.

Menyinggung pembangunan Huntap 17 unit Basuki mengatakan akan membagi tugas dengan gubernur provinsi sulteng berdasarkan kewenangan serta pertimbangan dari segi anggaran.

Sesuai arahan presiden RI Kementrian PUPR bersama pemerintah prov. Sulteng diminta berkolaborasi membantu pemda Parimo dalam hal perbaikan alur sungai dan juga Huntap sampai masa tanggap darurat selesai.

Dikesempatan dan waktu yang sama Ketua TP PKK Kabupaten parimo juga mendampingi kunjungan Ketua TP PKK Provinsi sulteng dalam pemberian bantuan kepada warga dusun II desa torue.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here