Pembukaan Sosialisasi Bimbingan Kearsipan Bagi OPD lingkup Pemda Parimo tahun 2023 Foto : Prokopim Parimo

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispustaka) Kab. Parigi Moutong gelar sosialisasi Bimbingan Asrip Vital, Asrip Terjaga dan Arsip Aset. Kegiatan itu Resmi diBuka Bupati Parimo melalui Asisten Adminitrasi Umum Aswini Dimpel, SKM M.kes dilantai II Kantor Bupati, Rabu (9/8/2023).

Kegiatan tersebut sekaligus dirangkaian dengan Penerimaan Penghargaan Hasil Audit internal Dilingkup Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tahun 2023.

Saat membacakan Sambutan Bupati Aswini Dimpel selaku asisten Adminitrasi Umum Mengapresiasi kepada dinas perpustakaan dan kearsipan Parimo yang telah berinisiatif melaksanakan kegiatan sosialisasi ini.

Kata Aswini kegiatan sosialisasi ini merupakan kegiatan sangat penting selain menata pengelolaan arsip terjaga dengan baik dan benar, juga memberikan pembinaan tentang tiga metode pengarsipan yaitu pengelolaan arsip terjaga, arsip vital dan arsip aset sesuai dengan prinsip dan kaidah kearsipan.

Tujuan kegiatan ini Sangat penting Ucap Aswini, selain bertujuan untuk menjamin terciptanya arsip yang baik, ketersediaan arsip yang Autentik dan terpercaya juga mewujudkan pengelolaan arsip yang handal, sesuai undang-undang nomor 43 tahun 2009 tentang kearsipan.

“perlindungan Arsip adalah kepentingan negara dan hak-hak keperdataan merupakan keselamatan dan keamanan Dokumen yang harus dilindungi dan ditata baik pengelolaannya, ” Tuturnya.

Aswini menghimbau kepada peserta sosialisasi untuk sepatutnya menjaga dan memilihara kearsipan dengan baik karena arsip memiliki peran penting dan strategis dalam suksesnya penyelenggaraan negara, dan arsip juga menjadi identitas bangsa, sekaligus memori kolektif, serta merupakan bahan pertanggungjawaban bagi pemerintah.

Aswini berharap melalui kegiatan sosialisasi ini dapat ditumbuhkan kesadaran dan penguatan pentingnya pembinaan tentang kearsipan utamanya dalam rangka peningkatan sumber daya manusia tentang kearsipan dinas perpustakaan dan kearsipan daerah.

“kearsipan memegang peranan penting bagi kelancaran urusan-urusan pemerintah maupun lembaga-lembaga lainnya, ini sudah menjadi tanggung jawab kita bersama untuk menjaga dan menyelamatkan arsip, ” Tutupnya.

Selaku Ketua Panitia Penyelenggara nurdiani musdin mengatakan maksud dan tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk menilai sejauh mana organisasi perangkat daerah (OPD) memenuhi prinsip kaidah standar kearsipan yang telah diatur dalam undang-undang.

Kata nurdiani musdin kegiatan ini penting untuk mendorong semua perangkat daerah OPD, BUMD, organisasi masyarakat, organisasi politik, untuk tertib menyusun dan melaksanakan kebijakan kearsipan secara kesinambungan dan menciptakan tertib arsip dalam rangka peran transparansi akuntabilitas penyelenggaraan pemerintah dan pelaksanaan penyelenggaraan perlindungan dalam penyelamatan arsip sebagai memori kolektif daerah di lingkup pemerintah Kabupaten Parigi Moutong.

Sub. Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here