Asisten II Ir. Lewis serahkan Piala Bergilir Kepada Panitia penyelenggara selaku tuan rumah pada pelaksanaan MTQ ke 12 tingkat Kecamatan Tomini Foto : Moh. Nur

Ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat kecamatan Tomini resmi dibuka oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekertariat Daerah Parigi Moutong (Parimo) bertempat arena utama Desa Ta ‘aniuge Sabtu (10/6/2023).

MTQ ke 12 di kecamatan Tomini mengikut sertakan 14 Khafilah dari setiap perwakilan Desa sekecamatan Tomini dengan jumlah peserta sebanyak 420 orang untuk mengikuti dilima cabang lomba diantaranya Cabang lomba MSQ (musabaqah Syahril Qur’an), MFQ (musabaqah fahmil Qur’an), MHQ (musabaqah hifdzil Qur’an), DAI dan TILAWAH.

Dalam sambutan Bupati Parimo disampaikan Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekertariat Daerah Parigi Moutong Ir. Lewis mengatakan musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) sepatutnya mampu menggugah dan menjadi daya tarik serta ruang tersendiri bagi masyarakat Muslim sekaligus menjadi penyemangat bagi generasi muda untuk mempelajari Alquran.

melalui MTQ juga dapat dijadikan sebagai ruang dan media dakwah dan siar keagamaan yang efektif, yang secara nyata telah terbukti mampu menjadi daya dorong yang kuat dalam memacu percepatan pembangunan di bumi songulara mombangu.

Dengan harapan MTQ juga dapat membudaya di tengah masyarakat, tentu selain berkembang dari segi syiar dan kualitas penyelenggaraannya, juga dapat mewarnai wajah umat Islam dan bangsa Indonesia pada umumnya.

Lewis menuturkan tujuan serta makna dari kegiatan MTQ yang dilaksanakan dapat menambah prestasi dikalangan peserta Qori dan Qoriah, selain itu yang lebih utama adalah syiar dan dakwah tentang bagaimana membumikan Alquran dan harus menjadikan Alquran sebagai nafas, sebagai pegangan hidup yang hakiki.

Lewis mengajak masyarakat untuk memahami MTQ sebagai stimulan untuk meningkatkan penghayatan kecintaan serta dapat menciptakan manusia yang cerdas , berkarakter serta mampu menjadi teladan di masyarakat dan pengamalan ajaran Islam yang rahmatan lil alamin ucapnya.

Lewis berpesan kepada seluruh peserta MTQ yang akan berlomba agar dapat menunjukkan semua kemampuan yang dimiliki sehingga dapat melahirkan qori qoriah terbaik.

Kegiatan tersebut di hadiri oleh forkopimcam, kepala kementerian agama parimo, Ketua MUI Kabupaten, ketua LPTQ serta tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Sub. Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here