Mewakili Bupati dan Wakil Bupati Asisten II Bidang Perekonomian dan pembangunan Ir Lewis bersamaKepala dinas tanaman pangan dan holtikultura Provinsi Sulawesi tengah Nelson Metubun, SP, kepala perwakilan Bank Indonesia provinsi Sulawesi tengah Dwiyanto Cahyo Sumirat melakukan Panen Padi Metode Haston secara Simbolis didesa Suli Indah Foto : Prokopim /Yusup

Kelompok tani Dewi Drupadi Desa suli indah kecamatan balinggi Parigi Moutong Panen raya padi Metode Haston.

Panen raya Padi metode haston yang dikembangkan oleh Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulteng di tahun ini dilaksanakan di lahan kelompok tani Dewi Drupadi Desa Suli indah kecamatan Balinggi Kabupaten Parigi Moutong Jum’at (24/3/2023).

Mewakili Bupati dan Wakil Bupati Asisten II Bidang Perekonomian dan pembangunan Ir Lewis  melakukan panen raya bersama dengan sejumlah Pimpinan OPD Provinsi Sulawesi Tengah, BUMN, dan UPTD wilayah setempat juga kelompok Tani Desa Suli.

Bacakan Sambutan Bupati, Asisten Perekonomian dan pembangunan Ir Lewis mengatakan apresiasinya sekaligus menyambut baik dilaksanakan panen raya padi metode Haston yang telah dikembangkan oleh bank Indonesia (BI) serta membantu masyarakat khususnya bagi para kelompok-kelompok tani didesa suli sampai pada tahap panen.

“saya berharap semoga kedepan semakin banyak replikasi yang dilakukan pada kelompok lain dan memberikan dampak positif bagi produksi padi di Sulawesi tengah khususnya Parigi Moutong. ” Tutur Lewis.

Menurut Lewis tujuan budidaya padi metode haston ini tentu meningkatkan hasil produksi padi yang cukup optimal.

Lanjutnya mengatakan peningkatan produksi tersebut tentunya akan memberikan kontribusi dalam stabilitas harga komoditas pangan di Sulawesi tengah yang pada akhirnya membantu mengembalikan inflasi.

selain itu dengan mendukung program pengembangan para petani, pertanian diparimo juga diharapkan pada peningkatan pasaran nanti pada akhirnya dapat mendukung tercapainya strategi stabilitas inflasi khususnya menjelang hari besar keagamaan yang nasional idul Fitri 1444 hijriah.

Lewis mengajak semua kelompok Tani terus bergerak maju meningkatkan hasil produksi pertanian demi kesejahteraan masyarakat di daerah ini, dan kepada kelompok tani agar terus semangat bersama meningkatkan produksi pangan.

Lewis berharap kedepan parigi Moutong tetap mempertahankan keunggulan berasnya dan terus menjadi lumbung padi di provinsi Sulawesi tengah.

Sambutan kepala perwakilan Bank Indonesia (BI) provinsi Sulawesi tengah (Sulteng) Dwiyanto Cahyo Sumirat mengatakan adapun langkah nyata pengendalian inflasi yang dilakukan oleh Bank Indonesia di wilayah Sulteng melalui Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Tengah adalah melalui pengembangan UMKM khususnya yang bergerak pada pengembangan komoditas pangan, seperti halnya pada kelompok Dewi Drupadi yang mengembangkan komoditas padi.

Dan Dwiyanto Cahyo Sumirat juga mengatakan Program yang telah kami lakukan adalah berupa fasilitasi bantuan berupa peralatan (alsintan) serta pelatihan/sekolah lapang pengembangan budidaya padi metode hazton modifikasi dengan tujuan meningkatkan hasil produksi padi.

Ucapnya menambahkan dibeberapa kelompok lainnya, budidaya padi metode hazton ini telah memberikan peningkatan hasil produksi yang cukup optimal, dimana dari sebelumnya setiap hektar sawah menghasilkan 5-6 ton, kini telah menghasilkan 9-10 ton dengan luasan area demplot mencapai 250 Ha.

Pihak Bank Indonesia baik replikasi metode budidaya hazton yang juga telah dilakukan kelompok tani lainnya di Desa ini berharap Semoga kedepannya semakin banyak replikasi yang dilakukan pada kelompok lainnya dan memberikan dampak positif bagi produksi padi di Sulawesi Tengah khususnya di Parigi Moutong.

Ia berharap dengan peningkatan produksi tersebut, akan memberikan kontribusi dalam stabilitas harga komoditas pangan di Sulawesi Tengah dan pada akhirnya membantu pengendalian inflasi, Selain itu dengan mendukung program pengembangan pertanian juga diharapkan dapat meningkatkan supply komoditas pangan di pasaran, sehingga pada akhirnya dapat mendukung tercapainya stabilitas inflasi khususnya menjelang HBKN Idul Fitri 1444H

Panen raya ini juga dihadiri  oleh Kepala dinas tanaman pangan dan holtikultura Provinsi Sulawesi tengah Nelson Metubun, SP, kepala perwakilan Bank Indonesia provinsi Sulawesi tengah Dwiyanto Cahyo Sumirat, Kadis Ketahanan pangan Provinsi Sulawesi tengah, kepala badan urusan logistik Provinsi Sulawesi tengah, kepala badan standarisasi instrumen pertanian, kepala UPTD Desa balinggi, serta masyarakat kelompok Tani.

Sub. Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here