Asisten Pemerintahan dan Kesra, Drs. Samin Latandu. Foto: Prokopim/Ajhy

Wakili Bupati, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Parigi Moutong Drs. H. Samin Latandu menyaksikan sekaligus berikan sambutan pada pelantikan dan pengambilan sumpah Anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) kecamatan Se – Kabupaten Parigi Moutong. Bertempat di Aula Hotel Oktaria, Jumaat 28-10-2022.

Menurut Samin Latandu saat membacakan sambutan Bupati, dengan dilantiknya sekaligus diambil sumpah para Anggota Panwaslu kecamatan yang baru ini diharapkan dapat berkerja secara profesional sesuai aturan yang berlaku. Ia menambahkan pelaksanaan pelantikan dan pengambilan sumpah Anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) kecamatan Se – Kabupaten Parigi Moutong ini, telah melalui tahapan seleksi yang ketat dari pihak Panwaslu Kabupaten Parigi Moutong hingga berakhir pada tahap pelantikan “ amanat dan kepercayaan yang sudah di berikan kepada anggota Panwaslu Kecamatan yang baru saja dilantik serta diambil sumpahnya ini, kiranya dapat dijaga dengan baik dan penuh rasa tangung jawab saat menjalankan tugasnya “ Ucap Samin.

Pemilihan umum serentak yang akan dilaksanakan pada tahun 2024 mendatang merupakan momentum penting yang mengedepankan Demokrasi berasaskan, jujur dan adil. Semua ini tentunya tidak terlepas dari peran kerjasa sama anggota Panwaslu dari kecamatan, kedepannya panwas bukan hanya bertugas megawasi saja tetapi juga akan mengedepankan fungsi pencegahan apa lagi dengan adanya Kewenangan panwas melakukan penjengalan terhadap Netralitas ASN , TNI dan Polri beserta aparat desa.

Kemudian dapat menjalankan tugas dengan baik agar tidak di intervensi dari pihak mana pun “Maka dari itu saya mengingatkan kepada Panwas kecamatan yang telah dilantik sumpahnya agar jangan sampai berpolitik praktis atau berafiliasi dengan parpol dan kandidat calon peserta pemilu serta jaga integritas sebagai anggota Panwas “ ucap samin menambahkan.

Sementara itu di kesempatan yang sama ketua Panwaslu Kabupaten Parigi Moutong Mochlis Aswat bahwa ke 67 anggota Panwascam yang baru saja dilantik ini akan diperkuat dengan bimbingan teknis (Bimtek) dan pembekalan yang langsung dilanjutkan usai pelantikan, Dia meyakini, pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024 mendatang, akan mampu dikawal secara maksimal jika dilakukan dengan bersama-sama. Namun, dibutuhkan kerjasama yang baik antara Bawaslu dan Panwascam dalam mengawal Pemilu di tahun 2024 nanti.

Sub. Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here