Pemda Parimo Tetap Optimis Menjadi Tuan Rumah Pelaksana HPS ke-42. Foto: Prokopim

Pemerintah Daerah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah (Sulteng) belum merubah ketetapan kesiapan kabupaten yang menjadi tuan rumah HPS, dan sampai saat ini masih merujuk kepada surat yang ditanda tangani oleh Gubernur Sulawesi tengah dengan nomor surat: 003.4/307/Dis. Bunnak. Mengenai perihal tuan rumah pelaksanaan HPS ke-42.

Sehubungan dengan hal tersebut pemerintah daerah Parimo bersama pimpinan legislatif Ketua DPRD Parimo Sayutin Budianto, S. Sos, Wakil Ketua I DPRD Faisan Badja, Asisten II Bidang perekonomian dan pembangunan Ir. Lewis, serta sejumlah OPD terkait lakukan audensi dengan Pemprov yang dipimpin (Pj) Sekertaris Daerah Provinsi (Sekprov) sulteng, Dr. Rudy Dewanto, SE, MM, bertempat diruang kerjanya Jumat (2/9/2022).

Terkait dengan surat menyurat kepada pihak kementrian bahwa kabupaten parimo telah melayangkan surat  sejak tahun 2019 kepada pemerintah pusat terkait dengan kesiapan parimo sebagai tuan rumah pelaksanaan HPS, kabupaten parimo menginginkan event tersebut dapat berjalan dengan lancar sehingga berdampak pada peningkatan ekonomi di masyarakat.

Dalam proses kesiapan pelaksanaan HPS, pemda parimo telah mempersiapkan lokasi, akomodasi, transportasi, penganggaran serta kesiapan teknis maupun non teknis yang sudah mencapai progress 60-70%.

Selain kegiatan pelaksanaan HPS juga dilaksanakan rangkaian kegiatan lainnya seperti Hari ikan nasional, 10k equator, paralayang internasional, serta pembagian 2000 sertifikat tanah secara gratis kepada masyarakat kabupaten parimo.

Pemda parimo telah mengikuti jalur mekanisme sesuai tahapan secara terukur serta terarah sesuai petunjuk pemerintah pusat dan daerah untuk menjadi tuan rumah event HPS 2022, Dengan harapan besar kegiatan ini dapat memberikan kontribusi positif kepada pemprov Sulteng dan membawa manfaat bagi masyarakat Kabupaten Parigi Moutong.

“Dengan upaya tersebut, pemda parimo menyatakan siap untuk menjadi tuan rumah event HPS tahun 2022”, tegas Lewis saat menghadiri Audiens bersama Sekprov.

Terkait dengan hal itu Sekprov sulteng menyampaikan poin penting pada hasil Rapat Audensi tersebut dengan adanya surat dari Dirtjen badan ketahanan pangan nasional terkait kedatangan kementrian pertanian untuk meninjau langsung ke-kabupaten sigi, sekprov berharap agar Pemkab Parimo juga sudah menyiapkan dokumen pendukung terkait dengan progress 60-70% kesiapan Parimo sebagai tuan rumah, sehingga menjadi suatu bahan untuk disampaikan kepada pihak kementrian Pertanian yang akan meninjau pada tanggal 6 september 2022 nanti.

Sub. Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here