Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Ir. Lewis resmi membuka pelatihan pemberdayaan usaha koperasi berbasis pemasaran digital Foto : Prokopim

Mewakili Bupati dan Wakil Bupati, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Parigi Moutong (Parimo) Ir. Lewis resmi membuka sekaligus memberikan sambutan pada kegiatan pelatihan pemberdayaan usaha koperasi yang berbasis pemasaran digital Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik terkait peningkatkan kapasitas koperasi usaha kecil dan menengah (PK2UKM) di kabupaten Parimo, bertempat di Aula Hotel Ludya, Kelurahan Kampal, Parigi. Pada hari Kamis (8/6/2023).

sambutan Bupati Parimo disampaikan Asisten II Ir. Lewis saat membuka kegiatan tersebut mengatakan atas nama pemerintah mangapresiasi kepada dinas koperasi dan usaha kecil menengah (UKM) Parimo yang telah menggagas terlaksananya kegiatan Pelatihan Bagi peserta Usaha Koperasi dilingkup Parimo.

Kegiatan yang dilaksanakan ucap Lewis juga merupakan salah satu terobosan terbaik guna peningkatan dan pengembangan koperasi yang ada di kabupaten Parimo.

Menurutnya mengatakan kondisi koperasi dan usaha kecil menengah masih belum menunjukkan kemajuan yang signifikan dari segi kuantitas maupun kualitas koperasi namun untuk mengatasi masalah setiap pengembangan Koperasi yang ada di parimo, pemerintah kabupaten melalui dinas koperasi dan UKM selaku dinas tekhnis terus berupaya mengambil langkah-langkah serta terobosan baru dengan memberdayakan koperasi agar menumbuh kembangkan manajemen pengelolaan koperasi di wilayah parimo.

Dalam rangka pemberdayaan koperasi maka perlu ditempuh beberapa strategi dan kebijakan diantaranya beberapa indikator yang dapat menggambarkan tingkat kemampuan koperasi di dalam menjalankan visi dan fungsinya, antara lain sumber daya koprasi, perkembangan usha dan daya saing, peran terhadap lingkungan serta program strategis.

Lanjutnya jika indikator tersebut dapat dicapai, koperasi sebagai badan usaha akan mampu disejajarkan untuk bersaing dengan pelaku-pelaku ekonomi lainnya, dan yang paling utama diperlukan adalah profesionalisme dari para pengelola koperasi untuk dapat terus mengembangkan produktivitas koperasi yang dikelola, sehingga kedepannya koperasi diharapkan lebih berperan aktif dalam mendukung peningkatan ekonomi daerah, guna mewujudkan masyarakat adil, maju dan makmurmakmur, “tuturnya.

Pertumbuhan ekonomi akibat pandemi covid-19 mengalami penurunan yang sangat signifikan, sehingga diperlukan suatu strategi pemulihan ekonomi. Salah satu langkah yang dapat dilakukan adalah dengan cara meningkatkan Sumber daya koperasi yang berdaya saing dan Pemasaran secara digital menjadi salah satu metode yang sangat berperan penting dalam memasarkan suatu bisnis, terutama bisnis seperti jual beli online.

Digital marketing menjadi solusi pemasaran yang lebih modern saat ini, maka digital marketing harus dipahami oleh semua orang yang terlibat dalam koperasi. Mengapa harus melakukan digital marketing, karena persaingan bisnis yang semakin ketat membuat kita harus bisa melakukan strategi ampuh agar tidak kalah dengan kompetitor, itulah mengapa setiap pelaku usaha membutuhkan pemasaran atau marketing sebagai langkah untuk promosi bisnis.

“Ada banyak teknik marketing yang bisa kita manfaatkan sesuai dengan kebutuhan bisnis dan salah satunya adalah digital marketing atau pemasaran digital, ” Ucapnya.

“saya berpesan kepada para peserta pelatihan agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya agar dapat meningkatkan pengetahuan dalam mengelola usaha berbasis digital, sehingga mampu memperluas jangkauan target pasar dan memperoleh keuntungan yang lebih maksimal, “Tutupnya.

Sub. Dokumentasi Pimpinan Bagian Prokopim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here